Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)

Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)

LOMPAT JAUH

Lompat jauh adalah bentuk gerakan melompat dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh Anda. Ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Gerakan ini dilakukan dengan cepat menggunakan satu tolakan kaki saja. Selain cepat, jarak yang ditempuh juga harus sejauh mungkin.

A. Pengertian Lompat Jauh

Pengertian Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak pasir.

Jumper atau pelompat biasanya akan mengambil ancang-ancang sejauh 30 meter (100 kaki) dari garis lompat, kemudian mempercepat langkah kakinya sampai kecepatan maksimum sebelum melakukan tolakan (meloncat) dengan satu kaki sedekat mungkin dari tepian garis lompat.

Jika kontestan melompat melebihi batas garis lompat. Maka loncatannya dibatalkan atau tidak sah. Sementara bila peserta melompat jauh di belakang garis lompat itu dibolehkan, hanya saja ia kehilangan jarak berharga. Jadi, atlet lompat jauh harus berlari sekencang mungkin kemudian meloncat sedekat mungkin dengan tepi garis lompat agar hitungan lompatannya lebih maksimal.

B. Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh terjadi bermula sejak sekitar 13 abad masa lalu. Olahraga lompat jauh ini sudah ada semenjak tahun 708 Masehi ketika adanya lomba  Olimpiade Kuno di Yunani. Lompat jauh termasuk satu-satunya event lompat yang waktu itu dilombakan dalam Olimpiade Kuno. Menurut catatan sejarah yang ada, olahraga lompat jauh pernah digelar oleh peserta Sparta dengan jauh lompatan mencapai 7,05 meter.
Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)
Pada awalnya, semua lomba yang diadakan pada Olimpiade Kuno dimaksudkan sebagai sebuah bentuk latihan militer perang. Munculnya olahraga lompat jauh dipercaya untuk melatih sebuah ketangkasan para prajurit perang dalam menerobos rintangan yang berbeda, seperti jurang atau parit.

Pada masa yunani kuno itu, cara dan teknik lompat dalam olahraga lompat jauh ini sangat beda dengan cara dan teknik lompatan yang sekarang ini diterapkan. Lompatan pada zaman kuno dahulu dibuat pada bentuk jamak. Dalam acara ini juga, para pelompat hanya diperboehkan menggunakan start lari pendek. Selain itu juga, para pelompat diwajibkan berlari sambil membawa sebuah beban di kedua tangannya, yang dikenal dengan sebutan halteres dengan berat beban berkisar antara 1 sampai 4,5 kg.

C. Teknik Dasar Lompat Jauh

Lompat jauh adalah  bentuk gerakan melompat dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh Anda. Ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Gerakan ini dilakukan dengan cepat menggunakan satu tolakan kaki saja. Selain cepat, jarak yang ditempuh juga harus sejauh mungkin. Seperti olahraga lompat tinggi, lompat jauh juga merupakan olahraga atletik. Olahraga ini dimainkan baik oleh atlet putra maupun atlet putri. Tujuan dari olahraga ini sedniri adalah untuk mendapatkan hasil lompatan dengan jarak sejauh-jauhnya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seorang atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan dan keseimbangan mereka. Pada dasarnya, 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh merupakan teknik utama pada olahraga tersebut. 4 teknik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknik Awalan

Awalan dalam lompat jauh sedikit berbeda dengan lompat tinggi. Awalan pada olahraga ini adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak.

Dimana pada tahap ini dibutuhkan kecepatan dalam berlari untuk menghasilkan lompatan yang maksimal. Bisa dikatakan, awalan merupakan dorongan horizontal yang kemudian diubah dengan kecepatan vertical ketika melakukan tolakan. Berikut adalah hal-hal yang perlu di perhatikan untuk melakukan teknik awalan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut:.

Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)
  • Jarak awalan dalam melakukan lompat jauh sesuai dengan kemampuan dari masing-masing atlet yang akan melakukan lompat jauh. Yang terpenting dari awalan adalah mendapatkan kecepatan maksimal sehingga menghasilkan daya dorong yang besar. Bagi atlet yang mampu mencapai kecepatan lari maksimal dengan jarak pendek, bisa mengambil jarak awalan antara 30 hingga 35 meter atau mungkin bisa lebih pendek. Sedangkan bagi atlet yang memiliki kecepatan maksimal dengan rentan yang cukup lama. Bisa mengambil jarak awalan sekitar 30 hingga 45 meter, dari balok tumpuan untuk melakukan lompat jauh.
  • Ketika berada di titik awal awalan, posisi dalam keadaan berdiri dengan salah satu kaki berada di depan.
  • Ketika melakukan awalan, anda bisa berlari pelan dahulu, dan tambahlah kecepatan hingga mencapai kecepatan maksimal. Kecepatan harus bisa anda pertahankan ketika mendekati balok tumpuan. Jangan sampai kecepatan maksimal di awal melakukan awalan, dan ketika sampai pada balok tolakan stamina anda habis. Sehingga hasil lompatan dan daya dorongan anda kurang masimal. Maka dari itu perlu anda ketahui sejauh mana seberapa lama anda mencapai kecepatan maksimal dan stamina anda.
  • Ketika medekati balok tumpuan, jangan kurangi kecepatan lari anda. setidak nya 3 atau 4 langkah sebelum melakukan tumpuan, Anda juga perlu berkonsentrasi untuk memusatkan tenaga dalam melakukan tolakan untuk mendapatkan daya horizontal yang maksimal. Perhatikan juga dimana tumpuan kaki anda, jangan sampai melewati balok tumpuan, karena lompatan anda melanggar peraturran dalam melaksanakan lompat jauh.

2. Teknik Tolakan

Tolakan disini adalah berpindahnya kecepatan vertical yang didapat dari berlari tadi ke kecepatan horizontal. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat melayang di udara. Dalam melakukan tolakan pada lompat jauh, atlet akan menggunakan kakinya yang paling kuat untuk tumpuan dan mengayunkan kaki depan serta mengangkat tangan ke atas. Jika atlet dapat mengkombinasikan antara kecepatan ketika berlari dan tolakan ke atas yang baik maka atlet tersebut akan membawa tubuhnya ke atas dan dapat melayang di udara ke arah depan dengan waktu yang relatif lama. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil dan jarak lompatan yang memuaskan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan melakukan tolakan pada lompat jauh.

Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)
  • Pada saat melakukan tolakan, gunakan kaki Anda yang paling kuat. Anda bisa menggunakan kaki kanan atau kaki kiri. Untuk tumpuan maka menggunakan kaki bagian tumit dahulu kemudian berakhir di ujung kaki.
  • Ketika akan bertumpu maka badan sedikit dicondongkan ke depan
  • Ketika Anda melakukan tumpuan maka sebaiknya ketika berada di papan tumpuan
  • Kaki yang Anda gunakan sebagai kaki ayun, bisa kaki kanan atau kaki kiri, diangkat ke depan hingga pinggul dengan posisi lutut Anda menekuk.

3. Teknik Melayang (Sikap Badan di Udara)

Pada lompat jauh pada saat badan udara maka ayunkan kaki kanan Anda secepat mungkin ke arah depan. Pada saat Anda sudah mencapai titik tertinggi dari sikap badan melayang di udara, atur kaki Anda seperti sedang duduk atau jongkok. Setelah turun dari posisi melayang maka julurkanlah kaki Anda ke depan. Oleh karena itu, badan Anda akan cenderung ke depan dan pusatkan perhatian Anda ke tempat pendaratan. Untuk lebih jelasnya, cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Ketika melakukan tolakan, maka ayunkan kaki Anda ke depan atas
  • Saat badan Anda melayang di udara, maka turunkan kaki Anda. Secara bersamaan dorong pinggul ke depan , posisi kepala ditengadahkan, busungkan dada dan posisikan kedua tangan ke arah belakang
  • Saat akan berada pada posisi pendaratan, ayunkan kedua kaki ke depan. Bungkukkan badan dan tundukkan kepala Anda seperti siap untuk mendarat.
Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)

Ada beberapa teknik gaya yang dapat dilakukan agar lompatan Anda dalam olahraga atletik ini maksimal, yaitu :
  • Melayang dengan sikap jongkok - Cara melakukan gerakan melayang dengan sikap jongkok adalah pada saat posisi menumpu ayunkan kaki Anda tinggi sekali sesuai kemampuan Anda. Setelah itu susul dengan kaki tumpuan. Ketika berada pada posisi melayang letakkan kaki Anda ke depan.
  • Melayang dengan sikap melayang - Dalam sikap yang satu ini, biarkan kaki ayun Anda tergantung lurus ketika dalam posisi menumpu. Usahakan agar tubuh tetap tegak, disusul oleh kaki tumpuan dan tekuk lutut Anda sambil dorong pinggul ke arah depan. Lalu rentangkan kedua lengan ke atas agar keseimbangan terjaga.
  • Melayang dengan sikap berjalan di atas udara - Ketika badan Anda melayang, maka ayunkan kaki belakang Anda dengan kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara. Anda dapat menggunakan kaki yang telah Anda gunakan untuk menolak atau menumpu.

4. Teknik Pendaratan

Pendaratan adalah gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan gerakan ini antara lain adalah sebagai berikut :

Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)
  • Harus dilakukan dengan kesadaran dan fokus yang penuh agar gerakan lain yang tidak perlu dan dapat merugikan bisa dihindari
  • Untuk menghindari adanya cidera atau rasa sakit sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan
  • Pada waktu tumit Anda belum menyentuh di pasir tempat pendaratan, kedua kaki Anda harus lurus atau dijulurkan ke arah depan. Usahakan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Karena jika jarak Antara kedua kaki Anda semakin lebar, maka jarak lompatan Anda juga semakin berkurang.
  • Agar pada waktu pendaratan Anda tidak jatuh duduk pada pantat maka sebaiknya setelah tumit Anda menyentuh tempat pendaratan codongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut ditekuk.
  • Setelah melakukan lompatan di atas pasir maka jangan kembali ke tempat Anda melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan.

D. Sarana Dan Prasarana

Sebelum anda memulai untuk melakukan lompat jauh, ada beberapa sarana dan prasarana lompat jauh yang harus disiapkan karena beberapa diantaranya merupakan sarana yang memang wajib ada di dalam setiap olahraga lompat jauh. Alat-alat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Pengertian Dan Teknik Lompat Jauh (Guru Penjas)

1. Lapangan lompat jauh

Lapangan lompat jauh adalah hal pertama yang harus dipersiapkan oleh seseorang yang ingin melakukan lompat jauh. Tentu saja setiap olahraga membutuhkan sebuah lapangan atau arena yang akan digunakan sebagai tempat melaksanakan pertandingan.

Sama halnya dengan alat yang digunakan untuk lompat harimau, anda juga harus menyiapkan lapangan lompat jauh yang akan anda gunakan sebagai tempat melangsungkan pertandingan dan juga nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk mengambil skor atau nilai dari setiap atlet yang melakukan lompat jauh.

Sekedar informasi bahwasanya untuk awalan, lapangan memiliki panjang kurang lebih 15 meter dengan tiang lompat jarak dari kedua tiang yang berjarak 3,98-4,02. Anda juga jangan lupa bahwasanya bilah lompat biasanya terbuat dari kayu. Adapun panjang dari mistar lompat yang akan digunakan adalah 3.98-4,02.

2. Pita pengukur

Pita pengukur juga masuk kedalam salah satu sarana dan prasarana lompat jauh yang juga tidak kalah penting. Mungkin anda sudah tahu bahwa fungsi dari pita pengukur ini adalah untuk melakukan pengukuran terhadap seberapa jauh lompatan yang dibuat oleh para atlet.

Adapun cara pengukurannya sendiri yakni diukur pada ujung yang paling dekat dengan papan pelepas dan kepada ujung terdekat pada tempat yang dilakukan sebagai tempat pendaratan. Namun untuk kejuaraan internasional, pita pengukur itu sendiri sudah digantikan dengan alat pengukur yang lebih canggih yakni alat pengukur elektronik sehingga menjadikan proses pengukuran menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Kasut berpaku

Kasut bisa dikatakan sebagai pelindung yang dikhususkan untuk para atlet ketika mereka sedang melakukan larian. Dengan kata lain, ketika para atlet sedang berlari maka kasut inilah yang nantinya akan bisa digunakan sebagai pelindungan.

Kasut tersebut dibuat dengan berpaku dan juga bertumit plastik yang tentu saja akan sangat sesuai jika digunakan dalam ajang olahraga lompat jauh.

4. Bendera

Bendera juga termasuk kedalam sarana atau prasarana yang harus disiapkan sebelum memulai pertandingan lompat jauh. Fungsi dari bendera adalah untuk nantinya dijadikan sebagai tanda isyarat apakah lompatan yang dilakukan oleh para atlet dikatakan sah atau tidak.

Untuk bendera isyarat itu sendiri pada dasarnya memiliki dua warna, yakni putih dan merah. Untuk bendera putih digunakan untuk menyatakan bahwa atlet sudah melakukan lompatan jauh dan juga lompatan tersebut dinyatakan sah untuk kemudian dicatat.

Sementara untuk bendera merah digunakan sebagai pemberi tanda atau isyarat bahwasanya lompatan tersebut tidak sah alias batal. Jika sudah seperti ini, maka yang harus dilakukan oleh atlet tersebut adalah mengulang kembali lompatan jauhnya.

5. Papan pelepas

Papan pelepas akan digunakan sebagai tanda bahwa perlombaan lompat jauh sudah dimulai. Papan pelepas ini harus ada pada saat atlet lompat jauh sebelum bertanding. Adapun ukuran standar dari papan pelepas adalah panjangnya kurang lebih 1,22 meter dengan lebar yang mencapai 20 meter.

Papan pelepas akan diletakkan dengan jarak 1 meter dari ujung paling dekat dengan tempat yang akan dilakukan sebagai lokasi pendaratan dan juga biasanya papan pelepas ini berwarna putih.

6. Lorong larian

Apakah anda tahu apa itu lorong larian? Lorong larian merupakan sebuah peralatan yang harus dipersiapkan karena nantinya akan digunakan sebagai tempat pecutan, larian, maupun juga lompatan. Dengan kata lain, pada lorong larian inilah para atlet lompat jauh akan melakukan pecutan, larian, dan juga lompatan tersebut.

Adapun jarak lorong larian yang sesuai standar dipakai pada ajang perlombaan nasional maupun internasional adalah 45 meter x 2,22 meter. Tentu standar ini bisa berubah tergantung situasi dan kondisi serta juga tergantung kepada kebijakan panitia.

Dalam melakukan lompat jauh yang harus dilakukan adalah persiapan sarana dan prasarana dan mengetahui teknik-tekniknya serta mengetahui peraturan dalan lompat jauh. Demikian penjelasan pengertian lompat jauh semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengeyahuan anda. Sampai jumpa diartikel berikutnya. "Salam Olahraga"

0 komentar