Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat (Guru Penjasa)

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat (Guru Penjasa)

Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Babarapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh mungkin banyak tersedia di buku-buku kesehatan. Namun untuk menambah hazanah pengetahuan tentang tips menjaga daya tahan tubuh dapat anda tambah melalui bacaan dalam tulisan ini.

Pengertian Daya Tahan Tubuh

Sebelum kita membicarakan tentang cara menjaga daya tahan tubuh. Sebaiknya kita mengetahui dulu apa yang maksud daya tahan tubuh. Daya Tahan Tubuh adalah kemampuan yang dimiliki tubuh kita untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit dan serangan kuman. Daya Tahan Tubuh adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua orang. Akan tetapi yang membedakannya dari setiap orang adalah daya tahan tubuh yang satu dengan yang lainnya berbeda.. Jika daya tahan tubuh yang kita miliki baik, maka tubuh akan sehat. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh menurun, maka kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh, dan tubuh akan lebih mudah terjangkit penyakit. Banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh diantaranya adalah:

A. Rajin Berolahraga

Jika anda ber olahraga rutin setiap harinya, dijamin anda akan memiliki tubuh yang sehat dan juga daya tahan tubuh yang baik. Manfaat oberolahraga aalah sebagai berikut:

1. Membuat cerdas
Olahraga tidak hanya memperkuat otot-otot tubuh Anda. Namun olahraga juga dapat memperkuat otot otak Anda. Memori Anda jadi lebih kuat sehingga produktivitas dan kreativitas akan semakin bertambah. Olahraga juga dapat menghindarkan Anda dari resiko penurunan fungsi otak di saat usia senja.

2. Meningkatkan kesehatan kulit
Saat berolahraga, sirkulasi darah anda menjadi lancar. Akibatnya akan berdampak positif bagi kulit Anda seperti membantu memperbaiki kerusakan kulit secara alami dan juga meningkatkan produktivitas kolagen di dalam kulit sehingga kulit menjadi kuat dan elastis.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Olahraga yang dilakukan dengan teratur akan membantu usus Anda untuk mencerna makanan dengan cepat. Sehingga Anda pun akan terhindar dari kemungkinan resiko sembelit.

4. Meningkatkan tingkat kepercayaan diri
Para peneliti telah lama mengungkapkan bahwa olahraga juga dapat mengurangi tingkat depresi, stres, dan juga perasaan cemas di dalam tubuh. Akibatnya saat semua hal negatif tersebut hilang dari tubuh Anda, Anda menjadi lebih percaya diri. Anda pun lebih dapat mengatur emosi.

5. Mengurangi resiko kanker
Diperkirakan hampir sepertiga kasus kanker disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya berolahraga dan jarangnya mengonsumsi makanan sehat. Padahal wanita yang aktif berolahraga akan memiliki resiko yang kecil untuk terkena kanker payudara.. 

B. Istirahat yang cukup

Istirahat uang terbaik adalah tidur. Jika anda tidur dengan cukup sekitar 6-8 jam setiap harinya. Manfat intirahan yang cukup adalah sebagai berikut:

1. Tubuh lebih sehat
Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes. Tahukah Anda jika istirahat dan tidur yang cukup bisa memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah? Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kita pun lebih rentan terserang diabetes.

2. Pertumbuhan badan
Istirahat dan tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, istirahat dan tidur juga memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan.

3. Menjaga berat badan
Tahukah Anda jika kurang tidur ternyata juga bisa meningkatkan risiko obesitas pada remaja dan kelompok usia lainnya? Tidur memengaruhi tubuh dalam memroses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang. Jika kita tidak cukup tidur, hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan turun. Akibatnya, kita pun akan merasa kelaparan.

4. Meningkatkan suasana hati
Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kita terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

6. Mempertajam ingatan
Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat kita cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak kita memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

C. Pola makan yang teratur

Anda haruslah memiliki pola makan yang teratur, yaitu 3 kali sehari. Tak cukup dengan itu saja, anda juga harus memiliki menu makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Manfaat makan meratur adalah sebagai berikut:

  • Jika pilihan makanan sudah tepat, anda tak perlu khawatir dengan banyaknya frekuensi makan. Asupan kalori bisa tetap ditekan sambil memaksimalkan asupan gizi yang penting bagi tubuh seperti protein, serat, lemak esensial vitamin dan mineral.
  • Dengan makan tepat waktu, anda dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti magh, jantung, dan obesitas. Daya konsentrasi pun menjadi lebih terasah, tubuh tidak mudah lelah, dan anda akan merasa lebih bersemangat dalam beraktivitas.
  • Makan dengan teratur juga membuat tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik, sehingga berat badan bisa lebih terkontrol. Keliru jika ada orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melewati jam makan.


D. Membiasakan pola hidup bersih. 

Kebiasaan hidup berih dapat memupuk ketahanan tubuh kitadari ancaman terjangkit penyakit. Baik bersih tubuhnya maupun pakaiannya, juga berih tempatnya. Manfaat membiasakan pola hidup bersih adalah sebagai berikut:

1. Terhindar dari Penyakit
Manfaat pertama dari hidup bersih dan sehat adalah dapat meminimalisir kemungkinan terjangkit oleh suatu penyakit. Karena hidup bersih sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Jika anda mampu menrapkan polah hidup bersih, maka tubuh anda pun akan terasa lebih sehat. Jika tubuh anda sehat, maka kemungkinan untuk terjangkit oleh suatu penyakit akan menjadi sangat kecil.

2. Tubuh Menjadi Lebih Bugar
Lingkungan yang bersih akan berpengaruh kepada fungsi-fungsi pada tubuh anda. Ketika anda mampu menjaga kebersihan pada hidup anda, maka fungsi dari setiap tubuh anda akan berada pada tingkatan yang lebih optimal yang membuat kebugaran tubuh dapat terjaga dengan baik. Kebugaran tubuh seseorang akan berpengaruh pada kinerja sesehari orang tersebut. Sebaliknya, jika anda tidak dapat menjaga hidup yang bersih, maka hal tersebut akan membuat kebugaran tubuh anda menjadi drop sehingga dapat mengganggu kinerja anda setiap hari.

3. Selalu Semangat dan Optimis
Aura positif haruslah dimiliki setiap orang untuk menjalani hidup. Semagat dan pemikiran optimis merupakan komponen dari aura positif yang harus dimiliki setiap orang. Namun dengan kondisi gaya hidup yang kurang baik dan tidak sehat sepertinya akan sangat sulit untuk memiliki aura positif dalam diri orang tersebut. Oleh karena itu, anda harus menjaga pola hidup yang bersih dan sehat. Aura positif dalam diri anda akan dapat berkembang jika anda dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat. Karena pola pikir seseorang juga dipengaruhi oleh  kondisi fisik yang baik, sehat dan bersih. 

E. Berprilaku sehat

Prilaku kita dalam kehidupan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Prilaku yang kurang baik misalnya suka bergaul dengan pengguna narkoba atau orang yang suka berprilaku seks bebas dapat menyebabkan tertularnya bibit penyakit seperti penyakit PHS (Penyakit akibat hubungan seksual).

Ketahanan tubuh yang kita miliki sangat penting. Pepatah mengatakan “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Pameo tersebut benar adanya. Sudah terbukti bahwa seseorang yang sudah jatuh sakit akan memerlukan biaya yang lebih besar dari pada sekedar menjaga kesehatan. Untuk menjaga kesehatan tidak harus dengan biaya tinggi. Misalnya saja dengan rajin berolahraga. Kita dapat memilih olahraga yang murah namun menyehatkan. Misalnya berjalan, berlari, push up, sit up, dan lain-lain.

Demikian cara menjaga daya tahan tubuh agas selalu sehat, memiliki tubuh yang sehat tentu sangat diinginkan semua orang, karena tubuh yang sehat akan membuat diri kita dapat menikmati setiap aktifitas apapun. Semoga bermanfaat dan jadi tambahan ilmu pengetahuan anda, sampai jumpa diartikel berikutnya. "Salam Olahraga"

0 komentar