Faktor-Faktor Penghalang Pola Hidup Sehat (Guru Penjas)

Faktor-Faktor Penghalang Pola Hidup Sehat (Guru Penjas)
Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita mejadi sering lupa menjalani pola hidup sehat yang mana berguna menjaga kesehatan.

A. Penghalang Pola Hidup Sehat

Ada beberapa hal yang sering dilalaikan dalam kehidupan yang dapat mengganggu kesehatan dan mengakibatkan hidup tidak sehat. Kebiasaan tersebut misalnya tidak sarapan, kurang minum air putih, kurang gerak, dan mengonsumsi makan berkalori tinggi. Hasil survey para pakar kesehatan menyatakan bahwa  ada beberapa pola prilaku buruk yang dilakukan seseorang yang dapat menghalangi individu menjalani hidup sehat terutama para remaja.

Pola hidup seseorang seiring berkembangnya ekonomi, social budaya, perkembangan teknologi yang sering dirasakan dampak negatifnya saat ini. Contohnya kebiasaan merokok, Kurang gerak badan atau berolahraga, dan makan dengan gizi yang tidak seimbang.

1. Kebiasaan Merokok

Merujuk pada hasil survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada tahun 2004. Sebanyak 60% perokok dimulai pada usia 15 -19 tahun. Dan sebanyak 90% kebiasaan merokok dilakukan di rumah. Sehingga saat ini ada sebanyak 43 juta ibu dan anak di Indonesia terpapar asap rokok. Karena dia menjadi perokok pasif. Hal ini beresiko terkena penyakit tidak menular (PTM).

2. Kurang Gerak Fisik

Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia makin dimanjakan. Misalnya orang yang ingin naik ke gedung tingkat dua, sekarang sudah tidak usah melewati tangga. Cukup dengan menggunakan Lift atau tangga berjalan. Begitu juga pada saat di rumah, ingin membeli sesuatu di warung yang tidak jauh dari rumah kita naik sepeda motor. Padahal jika ditempuh dengan jalan kaki tidak sampai 5 menit. Faktor-faktor seperti ini menyebabkan seseorang mengalami kurang gerak fisik. Kurang gerak fisik rata-rata terjadi pada usia mulai umur 25 tahun ke atas. Hanya 9 % mereka yang melakukan olahraga. Menurut badan kesehatan internasional WHO, sebanyak 43 % penyakit diakibatkan oleh kurangnya gerak fisik.

3. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Yang Tidak Seimbang

Mengkonsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang banyak dialami oleh masyarakat kita. Sebanyak 80% dari masyarakat kita mengkonsumsi makanan kurang serat, kurang buah, dan kurang sayuran. Pola makanan dengan gizi yang tidak seimbang menyebabkan obesitas. Menurut para ahli psikologi, di dunia tidak ada anak yang lahir dengan membawa kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk itu berkembang saat tumbuh dewasa. Cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan buruk adalah menggantinya dengan kebiasaan yang baik. Untuk itu diperlukan setidaknya 20 sampai 30 kali pengulangan kebiasaan baik untuk mengganti kebiasaan buruk itu.

B. Tips Hidup Sehat

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita. Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor.

Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Jika muncul tanda2 seperti misalnya; urine berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh mulai kekurangan cairan.

2. Tidur dan beristirahatlah yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cukup istirahat dan tidur juga mencegah penuaan dini.

3. Meditasi

Meditasi menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan kita dari stress yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

4. Berolahraga Teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

5. Makan buah dan sayuran

Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.
Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.


Tubuh sehat adalah aset penting. Dengan tubuh yang sehat memungkinkan Anda untuk untuk berpartisipasi secara penuh dalam semua kegiatan di tempat kerja dan aktivitas sosial. Kemampuan Anda tersebut akan rusak ketika penyakit memasuki kehidupan, entah itu penyakit jangka pendek ataupun untuk waktu yang tidak terbatas. Demikian Penjelasan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda. "Salam Olahraga"

0 komentar