Sejarah dan Pengertian Renang Gaya Punggung


Sejarah Renang Gaya Punggung. Renang gaya punggung mulai dikenal sejak sekitar tahun 1912. Saat itu pertandingan renang dibagi atas tiga kelas dalam kompetisi nasional dan internasional, yaitu gaya dada, gaya punggung dan gaya bebas. Gaya punggung pada saat itu adalah punggung elementer atau gaya punggung dengan kedua lengan ke atas (double over arm) dan gerakan kaki katak atau kaki gunting. Setelah diperkenalkan gaya back crawl, bentuk-bentuk lain dan gaya punggung yang bukan back crawl sedikit demi sedikit hilang dan pertandingan renang.

Sekitar tahun 1912, pertandingan renang nasional dikenal tiga kelas, yaitu gaya dada, gaya punggung. Gaya punggung yang diperagakan saat itu pun gerakannya elementer dan kaki katak. Setelah diperkenalkan gaya back crawl. Bentuk-bentuk lain dan gaya punggung yang bukan back crawl sedikit demi sedikit hilang dalam pertandingan.

1. Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

 Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

Pengertian renang gaya punggung

Renang Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa degnan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggir seperti gerakkan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Seaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Secara teoretis semestinya renang gaya punggung lebih mudah dari gaya crawl karena muka tidak masuk air sehingga pernapasan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa teknik dalam renang gaya punggung. Aslapun teknik renang gaya punggung adalah sebagai berilut:

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Seperti pada renang lainya dalam renang gaya punggung juga terdapat beberapa teknik yang mesti anda ketahui, adapun teknik-teknik yang dimaksut adalah sebagai berikut:

1. Posisi badan

Seperti yang tercantum diatas bahwa dalam renang gaya bebas, posisi badan harus horisontal, walaupun kaki masih cukup dalam di dalam air, sedangkan pada renang gaya pungung, posisi badan terlentang. Untuk mempertahankan posisi tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Dada, bahu, dan panggul berada di dalam air
  • Wajah berada sedikit diatas permukaan air sehingga dapat leluasa untuk mengambil nafas
  • Kedua kaki lebih rendah dari punggung dan secara bergantian menendang air.


2. Gerakan kaki

Gerakan kaki pada gaya punggung pada prinsipnya sama dengan gerakan kaki pada gaya bebas, hanya dalam posisi terbalik.
Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki adalah sebagai berikut:
  • duduk di pinggir kolam kedua kaki diluruskan ke dalam air, kemudian lakukan gerakan kaki
  • dengan posisi terlentang, kedua tangan pepegang pinggir kolam
  • dengan posisi terlentang menggunakan pelampung 

3. Pernafasan

Pengambilan nafas gaya punggung sangat berbeda dengan gaya bebas. Pengambilan nafas gaya punggung lebih mudah karena mulut dan hidung selalau diatas permukaan air, tinggal mengatur waktunya saja.

4. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas 

  • Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
  • Dengan gaya ini, tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas karena wajah kita berada di atas air.
  • Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum, karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas). Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan.
  • Gerakan Memutar Olahraga Renang Gaya Punggung
  • Saat mendekati pinggir kolam, perenang gaya punggug diperblehkan melakukan satu kali kayuhan gaya bebas untuk melihat letak dinding kolam.
  • Jangan sentuh dinding kolam
  • Putar tubuh ke depan, luruska kaki dan tending dindingkolam dengan kaki sekuat tenaga dengan tangan lurus kebelakang kepala.
  • Lalu gerakkan kaki, bawa kepala keatas permukaan air, dan lanjutkat gerakan gaya punggung.

Itulah sejarah renanggaya punggung sdan pengertian renang gaya punggung  yang dapat di jelaskan, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya. "Salam Olahraga"

0 komentar