Peraturan Permainan Bola Voli ( Guru Penjas )

Setiap cabang olah rag aapapun pasti akan diterapkan sebuah peraturan yang harus diikuti oleh orang yang memainkanya, oleh sebab itu  kita yang hendak melakukan permain apapun sangatah penting terlebih dahulu  ketahui peraturan-peraturan yang harus di ikuti, agar kita tidak mealakukan kesalahan-kesalahan pada saat bermain. pada kesempatan kali ini sporteducation399.blogspot.com akan akan menjelaskan pengertian tentang peraturan-peraturan permainan bola voli secara singkat jelas dan benar, agar kalian tahu apa saja sih mengenai peraturan dalam permainan bola voli ini. Baik lansung saja kita bahas pengertian peraturanya

PERATURAN PERMAINAN BOLA VOLI


Pengertian bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 regu berjumlah 12 pemain, setiap regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh 6 orang. Tujuan dalam permainan bola voli adalah mencari angka sebanyak 25 rely poin dan siapa yang paling cepat mendapatkan angka/poin, itulah yang dinyatakan sebagai pemenang.

Jika kita ingin menjadi pemain voli profesional dalam olahraga bola ini, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu segala seluk-beluk yang ada dalam permainan bola voli, Mulai dari sejarah, teknik dasar, dan peraturan-dalam bermain bola voli. Berikut ini adalah peraturan-peraturan dalam permainan bola voli.

A. Peraturan peralatan

Hal yang paling utama dalam permainan bola voli yaitu adalah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan-pearlengkapan yang akan medukung pelaksanaan permainan bola voli ini, dibawah ini adalah peralatan dan perlengkapan yang harus di disiapkan sebagai berikut:
  1. Net bola voli. Net merupakan hal yang sangat penting dalam permainan bola voli, seperti halnya bulu tangkis tenis lapangan dan olah raga yang mengunakan net dalam permainanya, namun berbeda-beda ukuranya. Net bertujuan sebagai pembatas lapangan atau membelah lapangan satu menjadi dua bagian. Net untuk permainan bola voli pura dan putri tentimemiliki ukuranya masing-masing, untuk tinggi net putra yaitu 2,43 m sedangan ukuran net untuk putri adalah 2,24 m.
  2. Lapangan bola voli. Selain net, lapangan juga harus diperhatikan dalam bola voli, untuk melengkapi peralatan da;lam bermain bola voli, Ukuran setandar nasional lapangan bola voli adalah 9x 18 meter, ketebalan garis tepi lapangan adah 5 cm dan ukuran garis serang adalah 3 meter yang diukur dari net kegaris serang.
  3. Bola Voli. Salain net dan lapangan, bola voli juga harus di perhatikan sebagai perlengkapan permainan bola voli. Untuk setandar ukuran bola voli adalah keliling bola 65 cm sampai 67 cm, berat setandar bola adalah 260 hingga 268 gram, tekanan bola adalah 0.3 kg hingga 0.325 kg dan bahan bola juga memiliki setandar sendiri yang bahanya terbuat dari kulit lunak yang tidak berkualitas tinggi.
  4. Antena. Antena juga sangat pen ting dalam bola voli, antena dipasang di samping kanan kiri net lurus dangan garis lapangan, sel;ain itu antena juga digunakan sebagai pembatas bola yang melebar keluar lapangan.

B. Peraturam Permainan

Praturan untuk pemainan sangat penting diketahui oleh semua pemain agar tau apa saja peraturan-dalam bermain bola voli, peraturan permainan diterapkan agar semua pemain menerapkan ketentuan-ketentuan dalam sebuah perlombaan atau pertandingan yang akan dimainkan. Adapun aturan-turan yang harus diketahui adalah sebagai berikut:
  • Sama halnya dengan olahraga permainan yang lain, seperti bola basket dan sepak bola, voli juga mempunyai wasit untuk memimpin jalannya pertandingan.
  • Selain wasit untuk memimpin jalannya pertandingan, ada juga 4 orang lain yang bertugas sebagai penjaga garis dan pencatat skor dalam pertandingan bola voli.
  • Pada setiap pertandingan pada olahraga permainan bola voli ini, terdiri dari 8 tim utama yag kemudian akan dijadikan 2 grup. Sehingga ada 4 tim pada setiap grup tersebut.
  • Setiap 1 tim bola voli terdapat 10 pemain.
  • Dari 10 pemain bola voli tersebut hanya 6 orang yang menjadi pemain utama, pemain utama ini akan berpartisipasi di lapangan. Sedangkan 4 orang sisanya adalah pemain cadangan.
  • Dalam permain bola voli untuk peraturan pergantian pemain beda dengan sepak bola. Pada permainan bola voli tidak ada batasan tentang pergantian pemain utama dan pemain cadangan. Pergantian pemain boleh dilakukan ketika pertandingan tengah berlangsung.
  • Minimal jumlah orang yang bermain dalam olahraga permainan bola voli ini adalah 4 orang.
  • Jika ada salah satu atau lebih dari satu pemain dari anggota tim yang sama juga tengah aktif bermain untuk cabang olahraga lain selain olahraga voli, maka akan ada penundaan permainan atau penundaan pertandingan.
  • Apabila diketahui pada saat akan pertandingan satu tim tidak sampai atau kurang dari 4 pemain, maka secara otomatis pihak penyelenggara atau panitia yang bertugas pada saat pertandingan bola voli akan menganggap tim tersebut kalah tanpa harus memulai pertandingan.
  • Masing-masing dari setiap tim akan diberikan hak untuk bermain bola maksimal tiga kali.
  • Seorang peain bola voli dilarang atau tidak diperkenankan untuk memainkan bola di atas satu kali secara berturut-turut.
  • Seperti permainan olahraga bulutangkis, permainan bola voli pada pertandingan selalu dimulai dengan coin toss. Apa itu coin toss? Coin toss adalah melemparkan koin ke udara yang dilakukan oleh wasit, kemudian wasit akan menangkapnya kembali dengan keadaan koin ditutup oleh tangan wasit. Kedua wakil dari setiap tim akan menebak apakah gambar yang akan tampak di tangan wasit tersebut. Bagi tim yang menjawabnya denganbenar maka tim tersebut berhak untuk melakukan servis pertama kali untuk memulai jalannya pertandingan.
  • Ketika akan melakukan servis, salah satu orang pemain yang memang dia memiliki peran sebagai server harus segera mempersiapkan diri menuju ke luar garis pinggir di bagian belakang lapangan.
  • Setelah itu pemain harus melemparkan bola voli ke udara, setelah itu pemain yang bertugas melakukan servis tersebut akan memukul bola tersebut hingga bola tersebut melambung dan jatuh menyebarangi net atau jatuh di lapangan lawan. Ketika servis pemain tersebut keluar dari garis lapangan permainan maka wasit akan menyatakan bahwa servis tersebut keluar, dalam hal ini istilahnya out, dan jika itu terjadi poin akan bertambah di pihak lawan. Jadi jika Anda bermain voli selalu usahakan servis Anda masuk ke daerah lapangan lawan Anda.
  • Ketika bola hasil servis pemain sudah sampai ke daerah lapangan lawan, maka pihak lawan akan menerima bola servis tersebut atau juga bisa menahan bola hasil servis tersebut dengan melakukan passing.
  • Sudahkah Anda tahu apa arti passing? Passing adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli dengan menahan bola voli dengan menggunakan dua lengan yang disatukan mengarah ke depan dan pada keadaan yang mendesak dalam pertandingan. Proses penerimaan bola voli dari hasil serve maupun tidak, dapat dilakukan menggunakan anggota tubuh manapun kecuali ditendang seperti pada permainan olahraga sepak bola.
  • Jika salah satu tim sudah memenangkan pertandingan dalam dua set langsung, maka pertandingan tidak perlu dilanjutkan.
  • Jika tim anda dan tim lawan tidak memenangkan pertandingan voli selama dua set langsung, maka pertandingan dinyatakan perlu untuk dilanjutkan kembali dengan penambahan set. Dan apabila kedua tim memenangkan satu set masing-masing maka dalam pertandingan selanjutnya akan ditambahkan 1 set tambahan.
  • Berbeda dengan bulutangkis, sistem perhitungan poin dari setiap pertandingan bola voli adalah 25 rally point. Jadi, jika suatu ketika kedua tim mendapatkan poin seri 24-24, maka terjadi deuce. Karena itu akan diadakan pertandingan lagi dengan tambahan angka dua poin berikutnya. Jika ada salah satu tim yang unggul terlebih dahulu dengan selisih dua poin maka tim tersebut menjadi pemenangnya. Sebagai contoh misalnya, ada pertandingan voli antara tim A dan tim B, ketika melakukan pertandingan tim A dan tim B memiliki skor seri, aitu 24-24. Pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga ada selisih dua poin diantara keduanya. Jika tim A mendapatkan poin 26 dan tim B tetap pada poin 24 maka tim A keluar sebagai pemenangnya. Bagaimana jika tim A mendapatkan nilai 26 dan tim B juga 26? Maka siapa yang meraih poin 28 terlebih dahulu dengan satu tim masih pada poin 26 akan keluar sebagai pemenangnya.
  • Pada pertandingan babak penyisihan, nilai 1 akan didapatkan pada kemenangan suatu tim. Jadi ketika ada dua tim atau lebih dari dua tim mendapatkan nilai yang sama, maka penentuan siapa tim yang dapat menjadi juara grup dan siapa tim yang akan mendapatkan posisi runner-up akan diadakan dengan melihat dari kualitas angka di setiap tim yang masing-masing telah tim mainkan.
  • Ketika tiap babak time-out, hanya terjadi satu kali saja time out dan dengan durasi hanya 1 menit saja.
  • Seperti halnya dalam pertandingan sepak bola dan bulutangkis, Tiap tim dari olahraga permainan bola voli ini wajib bertukur sisi lapangan dengan tim lawan pada waktu satu babak telah berakhir.
  • Apabila ada babak penentuan pemenang atau sederhananya pada babak ke tiga, maka tim yang mendapatkan nilai yang paling rendah dapat meminta tukar lapangan kepada tim lawan jika angka 13 sudah lebih dahulu diraih oleh tim lawan.

C. Peraturan Terhadap Pemain

  1. pada saat akan mengikuti sebuah pertandingan akan lebih baik jikalau kita mengetahui aturan dalam mengikuti sebuah pertandingan. Berikut ini peraturan untuk pemain yang harus kalian ketahui:
  2. Empat peran utama dalam permainan bola voli adalah spiker, tosser, defender dan libero.
  3. Tosser dalam permainan bola voli memiliki tugas sebagai pengumpan bola ke rekan satu tim dan bertugas sebagai mengatur jalannya permainan bola.
  4. Spiker mempunyai tugas yang berbeda dari toser, spiker mempunyai tugas dan peran utama sebagai pemukul bola agar bola jatuh di lapangan permainan lawan dan lawan tidak dapat mengembalikan bola yang sudah di smash oleh spiker.
  5. Libero dalam tim bertugas sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari pemain libero ini adalah mereka dapat bebas keluar masuk, tapi mereka tidak berhak untuk melakukan smash bola ke arah tim lawan. Untuk smash bola adalah tugas dari spiker.
  6. Defender berperan sebagai pemain bertahan, tetapi bedanya dengan libero, pemain defender lebih kea rah bertahan dari serangan lawan.
  7. Untuk menjadi pemain tosser, pemain harus dapat mengandalkan instingnya yang baik atau bahkan sempurna. Hal ini karena tuntutan dalam permainan olahraga bola voli. Seorang tosser harus dapat membuat dan mengambil keputusan tentang apa yang harus dilkukan dengan cepat. Keputusan harus dibuat secepat mungkin ketika ia sedang menerima bola. Semua yang terjadi pada tosser hanya berlangsung selama sepersekian detik, sehingga mereka harus berpikir cepat.
Demikian penjelasan tentang peraturan pertandingan sbola voli, dalam cabang olahraga apapun pasti akan dibentuk aturan-aturan yang sudah disiapkan sejak lama, oleh sebab itu kita wajib tahu peraturan permainan tersebut tujuanya agar kita mengetahui apa yang harus dilakukan untuk melakukan permainan tersebut, semoga artikel ini membanti anda dalam bermain bola voli dan bermanfaat. Sampai jumpa diartikel berikutnya.
"Salam Olahraga"

0 komentar