Sejarah Bola Voli, Sampai Masuk ke Indonesia

Pada kesempatan kali ini ane akan membahas tentang sejarah permainan bola voli, saat ini permainan bola voli, sangat banyak di gemarai oleh masyarakan di indonesia bahkan juga di berbagai penjuru dunia.

Okey, langsung saja kita membahas tentang sejarah permainan bola voli . . .

"Bola voli" Bahasa ingris: (Voleeyball) adalah prmainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup yang berlawanan. sedangkan permainan bola voli sendiri di bagi menjadi dua variasi:
1. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.
2. Masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain yang disebut dengan voli pantai.

Bola voli dinaungi oleh FIVB (Federetion internationale) sebagai iduk organisasi internasional, sedangkan di indonesia bola voli di naungi oleh PBVSI (Persatuan bola voli seluruh indonesia).



SEJARAH BOLA VOLI

Sejarah Bola Voli, Sampai Masuk ke Indonesia

Pada awal penemuanya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama mintonete. Olahraga mintonette pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama Wililliam G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 februari 1896, di holyoke, massachusetts (Amerika Serikat).

Perubahan mintonette menjadi volleyball (Bola Voli)  terjadi pada tahun 1896 pada demonstrasi pertandingan pertamanya di ini international YMCA Training school. Pada awal tahun 1896 terdebut, 
Dr.Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committeeof YMCA) 
mengundang dan meminta morgan untuk mendemostrasikan permainan baru yang telah iya ciptakan di setadion kampus yang baru. Dalam kesempatan tersebut morgan membawa dua tim, yang pada masing-masing tim membawa lima orang pemain. Dalam kesempatan itu,morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat di mainkan di dalam, maupun luar ruangan dengan sangat leluasa.Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi setandar permainan tersebut. sedangkan sasaran dalam permainan ini adalah mempertahankan bola agar bergerak melewati net yang tinggi, 
dari satu wilayah kewilayah yang lain(wilayah lawan).


SEJARAH BOLA VOLI DI DUNIA


Sejarah Bola Voli, Sampai Masuk ke Indonesia

Tahukan kamu? Ternyata permainan bola voli (volleyball) ini adalah kombinasi dari empat permainan bola besar yang dijadikan satu yaitu:
  • Bola basket
  • Baseball
  • Tenis lapanga
  • Bola tangan
Peraturan pertandingan: Pada saat itu bola voli awalnya di namai dengan mintonette, oleh penemunya William G. Morgan.
peraturan mintonette (bola voli) pertama kali tentu saja di buat oleh penemuanya, William G. Morgan. Beliau membuat sebuah jaring tinggi 1,98 meter yang di pasang di tengah lapangan dengan ukuran lapangan sebesar 7,6 meter x 15,2 meter.
Untuk durasi permainan, setiap pertandingan terdiri dari sembilan sesi dengan tiga kali servis yang di lakukan oleh masing-masing tim disetiap sesinya.

Perubahan nama menjadi volleyball: Setelah permainat mintonette(Bola Volii) ini berkembang di tahun 1896 mintonette dirubah namanya menjadi volleyball. hal ini dilakukan dalam demonstrasi prertandingan yang pertama kali diadakan di YMCA Trainin School. Seiring perkembangab zaman, perkembangan bola voli sedikit mengalami perubahan dalam peraturan permainanya. Ditahun 1916, penggunaan teknik spike (smash) mulai di perkenalkan,dan empat tahun lemudian ditahun 1920, di ciptakan peraturan 3 kali sentuhan dan sekor ahir dirubah dari 15 poit diganti menjadi 21 point.
Pada tahun 1900, permainan bola voli mulai merambat kenegara lain selain amerika, yaitu kanada. Hingga pada ahirnya, setelah permainan bola voli meluas keberbagai negara, pada tahun 1947 di bentuklah federationi international (FIVB). Dan utuk pertama kalinya, kejuaraan bola voli dunia di selenggarakan dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 1949.


BOLA VOLI MASUK KE INDONESIA


Sejarah Bola Voli, Sampai Masuk ke Indonesia

Bola voli masuk keindonesia pertamakali pada saat penjajahan belanda pada tahun 1928, pekembangan permainan bola voli sediri sangat cepat berkembang keindonesia, hal ini di karnakan kebutuhan olahraga rakyat indonesia yang begitu besar, maka dari itu permainan bola voli masuk dalam pekan olahraga nasional (PON) pada tahun 1952 dijakarta. Hingga saat ini permainan bola voli menjadi cabang olahraga resmi yang ada diseluruh indonesia.
Terbentuknya organisasi bola voli di indonesia berdiri pada tanggal 22 januari 1955 yang dinamai dengan persatuan bola voli seluruh indonedia (PBVSI). 
yang diketuai oleh W. J.Latumenten, setelah terbentuknya organisasi bola voli di indonesia. Pertama kalinya di pertandingkan pada tanggal 28 sampai 30 mei 1955, yang di selenggarakan di jakarta.

Demikian penjelasan tentang sejarah bola voli, Semoga bermanfaat dan jadi tambahan ilmu pengetahuan untuk anda. Terima kasih dan sampai jumpa kembali diartikel berikutnya "salam olahraga".





0 komentar