Sejarah Bola Basket Dunia Sampai Masuk Indonesia (Guru Penjas)

SEJARAH BOLA BASKET

Bola basket adalah olahraga permainan bola besar berkelompok yang terdiri atas dua tim, setiap regu beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk dimainkan, karena permainan bola basket bisa dimainkan di ruangan tertutup maupun diluar ruangan dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika belajar bermain bola basket. Dalam Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sejarah permainan bola basket dunia sampai masuk keindonesia.
Sejarah Bola Basket Dunia Sampai Masuk Indonesia (Guru Penjas)

Sejarah  Bola Basket Dunia

Banyak referensi sejarah yang menyebutkan bahwa Dr. James Naismith menemukan permainan bola basket pada tahun 1891. Namun faktanya permainan ini tidak langsung dimainkan dengan bola khusus. Awalnya Naismith menggunakan bola sepak yang dilemparkan ke kerancang buah persik di tembok gedung olahraga. Tiga tahun kemudian, bola basket dibuat. Jadi hingga saat ini bola basket dibuat pertama dibuat 124 tahun silam.

Bola basket diciptakan oleh seorang dokter dan guru pendidikan jasmani yang ingin siswanya bisa bermain di dalam ruangan selama musim dingin. Meski di dalam ruangan, tapi permainan tersebut harus mencakup koordinasi mata dan tangan, melompat, berlari, menembak dan ketangkasan menggunakan bola. Akhirnya terciptalah permainan bola basket. Dalam perkembangannya, permainan bola basket makin inovatif dengan strategi permainan dan semakin memaksimalkan kerja anggota badan. Seiring hal tersebut, bola yang digunakan dalam permainan juga mengalami beberapa perubahan.

Bola basket pertama dibuat tahun 1893. Sebuah kantung karet bulat dilapisi panel-panel kulit yang dijahit. Sebelum kulit ditempelkan ke kantung karet, lebih dulu dibungkus dengan kain tipis. Bola inilah yang menjadi cikal bakal bola basket.

Jauh sebelum permainan bola basket ditemukan, mantan pemain baseball profesional bernama Albert Goodwill Spalding mendirikan perusahaan dan toko pendukung olahraga baseball, A.G Spalding & Brothers pada tahun 1876. Selain membuat bola baseball, perusahaan ini berhasil membuat sarung tangan baseball pertama pada tahun 1877 dan membuat bola American Football pertama di tahun 1887. Kemudian pada tahun 1894, Naismith meminta A.G. Spalding untuk membuat bola basket pertamanya. Setelah berhasil dibuat, Naismith menambahkan dalam peraturan bola basket bahwa bola buatan A.G. Spalding & Bros. adalah bola resmi untuk permainan basket.

Pada tahun 1972, A.G. Splading & Bros. memperkenalkan bola basket dengan bahan kulit sintetis. Saat NBA memasuki puncak kejayaannya di era 80-an, Spalding dijadikan bola resmi pada tahun 1983. NBA sebelumnya memakai Wilson untuk bertanding..

Sejarah Bola Basket Indonesia

Permainan bola basket telah menyebar di seluruh penjuru dunia. Salah satunya pun telah masuk di permainan olahraga Indonesia. Sejarah di negeri yang subur akan kekayaan alamnya pun cukup panjang. Pemainan ini masuk melalui perantau-perantau dari Cina sekitar tahun 1920an. Para perantau ini membawa permainan ini yang sudah terlebih dahulu berkembang di negara kincir angin ini. Permainan bola basket awalnya di mainkan oleh komunitas mereka termasuk mendirikan sekolah yang bernama Tionghoa. Permainan bola basket yang masuk di bidang olahraga pun menjadi permainan wajib yang harus dimainkan oleh siswa disana. Tidak mengherankan jika kebanyakan dari pemain basket yang terkenal pun bersal dari sekolah Tionghoa.

Sejarah bola basket di Indonesia telah ada sejak 1930an. Meskipun bangsa indonesia belum menjadi negara merdeka. Setelah negara merdeka, permainan ini mulai dikenal luas di Indonesia terutama di perkotaan. Permainan bola basket dimainkan ditingkat nasional yaitu pada tahun 1948 di Solo pada ajang Pekan Olahraga Nasional I (PON I). Meskipun penyelenggaraan ini belum memiliki induk olahaga nasional.

Tanggal bersejarah bagi Indonesia mengenai permainan ini yaitu pada tanggal 3 april 1982. Pada hari itu, di Indonesia ada pertandingan antara Rajawali Jakarta dengan Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Pertandingan inilah menjadi awal mulanya kompetisi bola basket pertama kalinya di Indonesia. Klub-klub papan atas pun mulai mengadakan berbagai kompetisi untuk mencetak atlet-atlet berbakat.
Sejarah Bola Basket Dunia Sampai Masuk Indonesia (Guru Penjas)
Seiring berjalan waktu, basket dimainkan oleh berbagai kalangan dan kategori usia. Akhirnya bola basket pun mengalami perkembangan mengikuti hal tersebut. Dari segi bahan, berat bola, hingga ukuran pun disesuaikan.

Secara karakteristik, bola basket dibagi menjadi dua kategori yaitu penggunaan dalam ruangan dan luar ruangan. Hampir semua bola basket sekarang punya konstruksi yang sama yaitu balon tiup karet di dalam, lalu lapisan serat yang menutup karet. Terakhir lapisan luar yang bisa saja terbuat dari bahan kulit asli, kulit tiruan atau sintetis dan karet. Bahkan sekarang ada yang memakai materi antara gabungan garet dan kulit sintetis.

Permukaan bola basket juga dibagi dengan garis-garis yang berbeda warna. Untuk warna normal bola basket adalah oranye atau cenderung kecoklatan. Ada garis pemisah atau tempat penyambung kulit berwarna hitam. Lalu sebagai pelengkap ada logo perusahaan dan keterangan-keterangan lainnya.

Bola dalam ruangan umumnya terbuat dari kulit atau kulit sintetis yang punya daya rekat bagus. Bola ini biasanya lebih mahal karena bahan pembuatnya juga harus berkualitas. Sayangnya bola ini tidak tahan lama. Kelembaban ruangan dan lama pemakaian akan merusak permukaannya.

Sementara itu, bola untuk bermain di luar lapangan biasanya berbahan karet untuk lapisan luarnya. Permukaannya dibuat lebih kasar. Selain itu, bola jenis ini lebih murah dan tahan lama. Hanya saja tidak cocok untuk digunakan di dalam ruangan karena tidak punya daya rekat bagus. Lalu untuk 3x3, ditambahkan satu syarat lagi yaitu bola tersebut harus punya materi yang tahan air.

Teknologi juga mengikuti perkembangan bola basket. Seperti lubang pompa yang lebih kecil, kemudian bahan-bahan lapisan luar yang digunakan mengikuti lantai lapangan basket. Serta masih banyak lagi inovasi dari para pabrik pembuat bola. Pada tahun 2006, Spalding mengeluarkan bola basket yang diberi nama Neverflat. Ini merupakan bola basket pertama dan satu-satunya yang berani memberi garansi bahwa bola tetap bulat sempuran hingga satu tahun. Setidaknya 10 kali lebih tahan lama daripada bola basket lainnya. Teknologi ini juga memastikan bahwa tekanan dan berat bola tidak akan berubah.

Terakhir mengenai warna bola, diatur dalam FIBA Rules 2017 tentang Basketball Equipment. Pada pasal 7 tentang Bola Basket disebutkan bahwa warna wajib adalah oranye. Bila ada kombinasi, maka salah satu warna harus oranye. Warna untuk kombinasi pun harus melalui persetujuan FIBA. Kemudian yang dilarang adalah pemakaian pewarna AZO atau pigmen azote. Pigmen AZO bila bertemu dengan kulit bisa memunculkan warna-warna yang menarik. Jadi untuk memunculkan warna oranye cerah, biasanya pigmen ini ditambahkan pada material kulit. Tapi saat ini FIBA sudah melarang. Sebab pigmen AZO bila terpapar dengan manusia bisa menjadi salah satu penyebab kanker kandung kemih.

Saat ini memang tidak banyak muncul bola berwarna untuk di dalam ruangan. Kombinasi pun tidak mencolok seperti oranye-hitam yang digunakan pada bola EuroLeague, lalu oranye-coklat muda pada bola WNBA. Sebaliknya untuk bola di luar ruangan sudah semakin inovatif. 3x3 menggunakan warna biru dan kuning, lalu banyak produsen yang mengembangkan bola dengan warna khas tim masing-masing seperti yang dipakai untuk merchandise tim-tim NBA.

Peraturan Bola Basket

Lapangan Basket berukuran 28,5 m panjangnya dan 15 m untuk lebarnya.
Garis lapangan yang ada ditengah sebabagi pembatas menjadi 2 sisi dengan diameter 1,8 m.
Garis serang berukuran 6 m dan jarak antara ring dengan tembakan hukuman berukuran 3,6 m.
Pemain berjumlah 5 orang untuk bermain di lapangan dan 7 orang sebagai cadangan disetiap timnya.
Waktu berlangsung selama 4 babak dengan waktu 4×10 menit dengan 12 menit durasi setiap babaknya.
Ukuran bola memiliki keliling 75 -78 cm, berat juga ditentukan yaitu 600-650 gram. Ketika bola dijatuhkan pad aketinggian 1,8 meter, bola harus bisa memantul ke atas 1,2-1,4 meter.
Jumlah wasit yaitu 2 orang pengadil atau umpire. Jalannya permainan dibawah pengawasan dan pimpinan seorang wasit. Beberapa hal yang harus dihindari oleh para pemain, yaitu pushing, touching, traveling, jumping, unsprotmanslike foul, techina foul, personal foul dan masih banyak lagi.

Untuk mencapai sebuah keberhasilan tentunya juga harus melakukan latihan yang lebih, dan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan apa yang ingin anda gapai. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda, "Salam Olahraga"

0 komentar