Cara Meningkatkan Loncatan Dengan Cepat Untuk Smash Bola Voli

Dalam permainan bola voli loncatan sangat penting utuk kemampuan jangkauan yang lebih tinggi agar pukulan smash dapat maksimal dengan keras dan menungkik, semua pemain voli pasti menginginkan loncatan yang tinggi. Karena dalam permainan bola voli jika kita mempunyai loncatan yang tinggi pasti akan leluasa untuk mengolah dan mengarahkan bola seperti yang di inginkan, bahkan mungkin menjadi sesuatu keunggulan yang lebih baik dalam bermain bola voli.

Meloncat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam permainan bola voli, baik sebagai upaya untuk menyerang maupun bertahan. Semua atlet dapat meningkatkan jangkauan lompatan vertikal mereka dengan memperkuat otot-otot utama, memanfaatkan pliometrik dan mengasah teknik voli secara keseluruhan. Latihan pliometrik bertujuan meningkatkan kekuatan, kecepatan eksplosif dan kelincahan. Melakukan latihan pliometrik secara teratur tidak hanya dapat meningkatkan jangkauan lompatan vertikal, tetapi juga meningkatkan permainan voli itu sendiri secara keseluruhan.

Okey langsung saja pada pertemuan kali ini sporteducation399.blogspot.com akan membahas tentang cara cepat untuk meningkatkan loncatan pada smash bola voli seperti kudul di atas secara lengkap dan jelas, agar kalian dapat berlatih dalam mencapai sebuah impian mempunyai loncatan yang tinggi dan akan leluasa memukul bola dengan keras  dalam bertanding. Dalam latihan meningkatkan loncatan yang terpenting adalah melatih otot-pada kaki secara keseluruhan, supaya hasil yang kita dapatkan memuaskan dan sesuai dengan yang kita inginkan. Di bawah ini akan di jelaskan bagai mana cara melatihan pliometrik dan meningkatkan tinngi loncatan dengan cepat utntuk smash bola voli.


Cara Meningkatkan Loncatan Dengan Cepat Untuk Smash Bola Voli


Latihan-Latihan Yang  Dilakukan 

Dalam permaian bola voli smash atau spike merupakan salah satu syarat yang harus di kuasai oleh seluruh pemain (kecuali pengumpan dan libero), dan untuk dapat melakukan Smash dengan baik dan menukik maka di butuhkan latihan salah satunya dengan melatih lompatan smash bola voli,untuk mencapai sebuah keberhasilan tentunya butuh proses yang panjang dan kesabaran dalam melakukanya, adapau latihan-latihan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

1.Latihan Pliometrik

Pliometrik merupakan latihan yang baik karena hanya membutuhkan peralatan minim dan menuntut berbagai gerakan eksplosif. Namun, latihan ini bisa menjadi tantangan yang sulit di laklukan jika Anda hanya memiliki tempat dan waktu yang terbatas. Pilihlah latihan yang akan menantang Anda pada waktu yang telah Anda jadwalkan sendiri.
Berikut ini adalah contoh rutinitas pliometrik yang secara khusus di rancang untuk membuat Anda bisa melompat lebih tinggi dalam permainan voli. Lakukan masing-masing latihan dengan 15 kali repetisi dan selesaikan seluruh rutinitas sebanyak 2-3 kali.
  • Latihan Kardio. Lakukan 15 menit untuk pemanasan.
  • Knee Tuck Jump. Lakukan 15 kali: lompatlah lurus ke atas saat Anda mengangkat lutut dan melipatnya ke arah dada.
  • Lompat Lateral. Lakukan 15 kali: lompatlah ke kiri dan ke kanan dengan kedua kaki rapat.
  • Mountain Climber. Lakukan 15 kali: mulailah dengan posisi plank (posisi atas dari push up), gerakkan kaki ke arah tangan dengan cepat, seolah Anda sedang berlari di tempat, sementara tangan tetap menempel di lantai sebagai tumpuan.
  • Lompatan Lebar (Broad Jump). Lakukan 15 kali: lompatlah ke depan sejauh mungkin, dari posisi berdiri diam, sambil berfokus pada jarak alih-alih ketinggian.
  • Burpee. Lakukan 15 kali: mulailah dari posisi plank, berdirilah dengan cepat dan melesat untuk melompat (gerakan ini adalah kombinasi push up dan lompat vertikal).
  • Squat Jack. Lakukan 15 kali: ambillah posisi jongkok dengan kaki terbuka selebar bahu dan kaki ditekuk pada sudut di atas 90 derajat, gerakkan kaki ke arah dalam dan luar, sambil menggerakkan paha dalam saling mendekat dengan cepat.
  • Agility Dot. Lakukan 15 kali: buatlah kotak khayalan di lantai dan lompatlah dari satu sisi ke sisi lain dan secara diagonal ke masing-masing sudut kotak, sambil memastikan kedua kaki tetap rapat, untuk menciptakan pola X.
  • Lompat Jongkok (squat jump). Lakukan 15 kali: ambillah posisi jongkok dan lakukan lompatan mendadak. Lakukan Pendinginan dan Peregangan.

2. Latihan Meninkatkan Loncatan 

Dalam latihan meningkatkan loncatan, beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu, biasakanlah melakukan cooling down (pemanasan) terlebih dahulu untuk menghindari hal-yang tidak di inginkan dan rika free (pendinginan) setelah berlatih. di bawah ini beberapa latihan untuk meningkatkan loncatan yang dapat di lakukan.

  • Latihan Loncat Tali. Lompat tali adalah metode meninggikan loncatan yang mainstream namun cukup efisien. Anda cukup mencari seuntas tali lalu bermainlah lompat tali selama dan sesering mungkin.Tapi yang perlu diingat adalah ketika melakukan latihan ini jangan sekali-sekali melompat dengan satu kaki karena hal ini bisa menimbulkan cidera dan tidak akan menguatkan otot kaki anda. Ketika sudah mulai mahir, tambah frekuensi latihan dan kecepatan lompat anda.
  • Angkat Beban. Jika memungkinkan, datanglah ke gym yang memfasilitasi anda untuk membentuk otot kaki. Angkatlah beban-beban berat yang sesuai kemampuan anda (tidak sampai mencederai). Dengan demikian otot kaki anda bisa terbentuk dan mendukung untuk meloncat lebih tinggi.
  • Lari Sprint. Selain pada betis dan lutut, tolakan lompatan juga terjadi pada tumit. Untuk itu, anda perlu melatih otot tumit dengan cara melakukan sprint. Lakukan lari sprint selama 20 menit bolak-balik. Latihan ini terbukti efektif untuk menguatkan otot tumit anda.
  • Naik Turun Tangga. Selain sprint, anda juga bisa melatih otot-otot anda dengan cara lari tangga. Namun lari tangga ini lebih cenderung menguatkan otot lutut anda. Lakukan lari tangga selama beberapa menit sehari dan kalau bisa diperbanyak.
  • Beban. Anda juga bisa melatih kekuatan kaki dengan menggunakan beban, gunakan ban dalam bekas motor yang di isi dengan pasir, lalu lilitkan karet terdebut di kaki anda dan lakukan joging dengan jarak yang anda inginkan.
Itulah cara menambah loncatan smash bola voli dengan cepat dan mudah untuk di lakukan, dalam menggapai sebuah impian seharusnya kita mampu dan mau beruasa untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Demikian penjelasan cara menambah loncatan smash bola voli semoga menjadi tambahan wawasan pengetahuan dan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

 "Salam Olahraga"

0 komentar