Teknik Strategi Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli tentunya bukan cuma semash yang kertras saja  yang dibutuhkan, banyak teknik lain yang harus di pelajari untuk menjadi pemain yang profesional. Dalam permainan bola voli yang harus di pelajari adalah pertahanan serta strategi  untuk menunjang permainan yang cukup baik dan tentunya akan menjadi sempurna dalam sebuah prmainan.

Strategi adalah salah sati faktor terpenting yang memiliki pengaruh besar dalam setiap aktifitas kehidupan. Begitu juga pada olahraga permainan bola voli, strategi menjadi salah satu kegiatan yang tidak dapat di pisahkan, setiap tim pasti sudah terlebih dahulu mempersiapkan strategi mereka masing-masing. Sertategi juga selalu di gunakan dalam setiap pertandingan utuk mengatur pola pertandingan. Strategi merupakan rancangan langkah-lanngkah yang sudah di program atau di rencanakan, yang akan di gunakan ketika melakukan suatu aktifitas apapun. Kali ini sporteducation399.blogspot.com akan memberikan teknik strategi penyerangan dan pertahanan dalam  permainan bola voli, membentuk strategi dalam permainan bola voli sangat penting untuk di pelajari dalam sebuah tim, karena terbentuknya strategi yang bagus akan membentuk kerja sama antar tim menjafi baik dan tertata pada saat bertanding.


Teknik Strategi Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli


Strategi penyerangan Dan Pertahanan Dalam Bola Voli

Pengertian Strategi adalah sebuah cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan adanya pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan serta eksekusi dalam suatu aktivitas yang berada dalam kurun waktu tertentu. Untuk mendapatkan strategi yang baik tentu saja di butuhkannya koordinasi atau tim kerja serta mempunyai tema untuk dapat melakukan identifikasi terhadap faktor pendukung yang memiliki kesesuaian dengan prinsip untuk melaksanakan pendapat yang sangat rasional atau efisien baik itu dalam pendanaan maupun untuk mendapatkan taktik demi mencapai tujuan yang efektif.

Strategi dalam permainan bola voli sangat penting di pelajari karena akan berpengaruh besar dalam sebuah tim, untuk itu di bawah ini saya akan membahas berbagai strategi penyerangan dan pertahanan yang baik untuk menciptakan sebuah tim yang kuat. Strategi dalam permainan bola foli terbagi menjadi dua yautu, strategi pertahandan dan strategi pertahanan. langsung saja kita bahas bagian-bagian terpenting dalam menyusun strategi yang bagus dalam sebuah tim.

A. Strategi penyerangan

Untuk memperokeh kmenangan pada suatu pertandingan tentu tikak lepas dengan teknik dan strategi, begitu juga dalam permainan bola voli, setelah semua kemampua bola voli di kuasai oleh pemain, misalnya kemampuan passing bawah, passing atas, kemampuan smash, kemampuan blocking, dan kemampuan kerja sama antar teman sudah dikuasai para pemain dengan baik. kini tiba saatnya mengatur strategi permainan agar dapat memperoleh kemenangan. Bteknik penyerangan di artikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Prinsip penyeranagan adalah usaha untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan cara apapun yang dirkenenkan dalam peraturan pertandingan. 

Macam-macam formaisi penyerangan yang dapat di dalam sebuah tim saat bertanding.

1) Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama.
2) Set-uper (Su), bertugas sebagai pengumpan ke smasher.
3) Universal (U), bertugas dan berfungsi serba guna.

Dari jenis dan fungsi pemain di atas, dapat di jelaskan macam-macam sistem penyerangan sebagai berikut.

1. formasi penyerangan 3-1 (  3 SM- 1 SU )

Teknik Strategi Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Pemain nomer SU 1 menempatkan sebagai set upper 
Pemain no SM 5, SM 3, dan SM 2 sebagai penyeranag


2.Formasi 4-2 (sistem 4 SM -2 SU)

Teknik Strategi Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Menempatkan 4 orang penyerang, yaitu pada posisi SM 1, SM 2, SM 3, dan SM 4
Dua orang pengumpan (set upper) yaitu no SU1 dan U2


3. Formasi 4-1 ( sistem 4 SM - 1 SU )

Teknik Strategi Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Ada 4 pemain sebagai penyerang, yaitu posisi SM1 dan SM4
Seorang pemain sebagai pengumpan pada posisi SU1 dan SU2.

B. Strategi pertahanan

Pertahanan adalah penyelamatan bola dalam keadaan pasif menerima serangan guna mengatisipasi tim dari kekalahan, pola pertahanan ini menjadi bagian dalam pertandingan yang sama pentingnya dengan penyerangan. Tanpa pertahanan yang kuat tim akan mudah goyah saat mendapatat eranagann dari lawan. pertahanan adalan podasi pondasi utama dalam mempertahankan setiap serangan yang di berikan oleh lawan.

Macam-macam pertahanan 

1). pertahanan terhadap servis
2). pertahanan terhadap smash, passing, dan dink

Dari 2 macam pertahanan di atas, dapat dijelaskan di jelaskan susunan strategi pertahanana sebagai berikut.


a. Sistem 0-3-2 dan 1-3-2
  1. Sistem 1-3-2 artinya hanya satu blocker, pertahanan daerah tengah ditempatkan tiga pemain, dan pertahanan daerah belakang di tempatkan dua pemain.
  2. Sistem 2-1-3 artinya ada dua blocker, pertahanan daerah tengah di tempati satu pemain dan pertahanan daerah belakang di tempatkan tiga pemain.

b. Sistem 2-1-3, 2-2-2, dan 2-0-4
  1. Sistem 2-1-3 artinya dua pemain melakukan block, pada posisi pertahanan tengah ditempatkan satu pemain, dan pertahanan belakang ditempatkan tiga pemain.
  2. .Sistem 2-2-2 artinya dua pemain melakukan block, dua pemain sebagai pertahanan tengah, dan dua pemain sebagai pertahanan belakang.
  3. Sistem 2-0-4 artinya dua pemain melakukan block, lapangan tengah tidak ada yang menjaga, dan daerah belakang dijaga oleh empat pemain, Sistem ini digunakan untuk menghadapi smash lawan keras. jarang melakukan plessing dan dink di daerah belakang block.

c. Sistem 3-1-2, 3-2-1, dan 2-0-3
  1. Sistem 3-1-2 artinya tiga pemain melakukan block, satu pemain bertahan di lapangan tengah, dan dua pemain bertahan di lapangan belakang.
  2.  Sistem 3-2-1 artinya tiga pemain belakang melakukan block, dua pemain sebagai pertahanan tengah, dan satu pemain sebagai pertahanan belakang.
  3. Sistem 3-0-3 artinya tiga pemain melakukan block, lapangan tengah tidak dijaga, dan tiga pemain bertahan di daerah belakang.
Untuk menyusun strategi yang baik tentunya yang  harus di perhatikan adalah materi dari tim itu sendiri, utuk di jadikan bahan  pertimbangan dalam memilih strategi yang tepat utuk di pasangkan dalam suatu tim.
Itulah pembahasan cara menyusun strategi pnyerangan dan pertahanan dari kami, dan semoga bisa menambah wawasan pengetahuan dan bermanfaat untuk.
Sampai jumpa kembali di artiket berikutnya " Salam Olahraga".

0 komentar