Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

Lari gawang merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang diperlombakan dalam olimpiade bergengsi,Lari gawang adalah salah satu nomor lari terdapat dalam cabang olahraga atletik.secara bahasa lari gawang juga dapat di artikan sebagai lari cepat  menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang sebagai rintangannya yang tingginya telah diatur dalam peraturan perlombaan.
Dalam pertemuan kali saya akan membahas pengertian dan teknik melakukan lari gawang, jarak tempuh yang diperlombakan adalah 100meter dan 400 meter. berikut ini akan dijelaskan pengertian dan teknik-teknik lari gawang.

 PENGERTIAN TEKNIK DASAR LARI GAWANG 

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

A. Pengertian Lari Gawang

Lari gawang adalah salah satu nomor lari yang terdapat dalam cabang olahraga Atletik. Secara bahasa Lari Gawang juga dapat diartikan sebagai lari cepat yang menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang sebagai rintangannya yang tingginya telah diatur dalam peraturan perlombaan. Gerakan lari gawang sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat. Nomor lari gawang terdiri atas lari gawang 110 m putra, dengan ketinggian gawang 3 kaki (1,067 m), 400 m putra dengan ketinggian gawang 0,914 m, sedangkan untuk lari gawang putri 100 m dengan ketinggian gawang 0,840 m, dan 400 m dengan ketinggian gawang 0,762 m.

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

B. Sarana Dan Prasarana Lari Gawang

  • Gawang
  • Garis pembatas berupa cat atau lakban
  • Tali yang digunakan untuk finis
  • Lapangan atau lintasan
  • Kertas nomor punggung
  • Bendera
Dalam pelaksanaan perlombaan lari gawang sarana dan prasarana sangat penting di perhatikan, karna salah jalanya sebuah perlombaan adalah kelengkapan dari persiapan dari lapngan atau lintasan yang akan digunakan.

C. Teknik Dasar Lari Gawang

Untuk dapat melakukan lari gawang dengan baik dan benar, maka kita hasrus mengetahui terlebih dahulu teknik dasar dalam melakukan lari gawang, berikut ini adalah teknik dasar melakukan lari gawang puri 100 meter dan putra 110 meter sebagai berikut:
  • Lari gawang dimulai dengan start jongkok.
  • Posisi badan condong ke depan saat berlari cepat menuju gawang lalu melompatinya.
  • Ketika melompat, kaki yang di depan diluruskan, dan posisi tangan pada sisi yang berlawanan mengayun ke depan guna menyeimbangkan gerakan tubuh.
  • Setelah gawang terlewati, kembali ke lintasan dan berlari lagi ke depan menuju gawang berikutnya (lakukan lari sprint di antara gawang-gawang dalam lintasan).
  • Bahu dan pinggung harus dijaga keseimbangannya agar tetap paralel dengan gawang.
  • Saat melakukan pendaratan, posisi kaki harus diluruskan seraya kaki belakang diangkat setinggi mungkin.
  • Faktor utama dalam lari gawang adalah pengaturan tempo, langkah kaki, panjang langkah yang diambil, serta teknik lari sprint. Kedua teknik antara lari gawang dan lari sprint memiliki kesamaan pada beberapa pengaturan teknik. Setiap fase butuh koordinasi yang baik pada masing-masing komponennya sehingga pelari gawang haruslah seorang pelari sprint yang handal. Jadi, penting bagi pelari untuk meningkatkan kecepatan larinya dengan berlatih cara bernafas saat berlari agar tak kehabisan nafas.
Faktor penting pada lari gawang antara lain pengaturan langkah, tempo, dan panjang langkah yang mendukung teknik lari. Teknik lari gawang berhubungan erat dengan teknik sprint, karena pelari gawang yang berhasil haruslah seorang sprinter yang handal. Selain itu,kedua teknik ini memiliki kesamaan pada beberapa hal seperti tekanan pada pengangkatan lutut, pelurusan kaki, dan gerakan tangan. Setiap tahap memerlukan koordinasi gerakan yang baik dari tiap komponen tersebut.

1. Start menuju gawang

Lari awal dimulai dengan start jongkok lalu mendekati gawang pertama, kemudian angkat pinggang cukup tinggi dan agak jauh dari gawang yang hendak dilewati. Angkat pula lutut dan paha pada kaki yang melompati pertama kali, lalu tendangkan tumit ke arah depan untuk meluruskan kaki dan lutut saat melintasi gawang.

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

2. Melewati Gawang

Semakin cepat gerakan lari mendekati gawang, maka semakin jauh lompatan yang harus dimulai. Saat tubuh berada di atas gawang, lintasan tubuh dibuat rendah dan posisi agak condong ke depan. Tekuk sedikit lutut kaki, lalu jaga keseimbangan tubuh saat di atas gawang dengan kedua lengan.

Untuk mengembalikan posisi tubuh, dorong tubuh ke depan lalu tarik kaki yang digunakan untuk menolak dengan memutarnya ke arah samping seraya mengangkatnya tinggi. Setelah kaki pertama berhasil melintasi gawang, segera turunkan kaki beserta kaki yang di belakangnya dengan posisi tetap lurus.

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

3. Pendaratan

Saat mendarat setelah melewati gawang dalam lintasan, pastikan posisi kaki dalam keadaan lurus. Kaki yang di belakang tetap diangkat tinggi agar leluasa bergerak dan menjangkau ke arah depan untuk langkah yang panjang. Lutut kaki belakang tetap ditekuk dan posisi badan condong ke depan.

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)

4. Lari di Antara Gawang

Masing-masing pelari memerlukan jumlah langkah yang berbeda pada posisi start ke gawang pertama maupun menuju gawang lainnya, di antaranya pelari dengan 7, 8 dan 9 langkah start ke gawang pertama. Pelari dengan 7 langkah biasanya digunakan oleh pelari yang memiliki kaki yang panjang dan kaki yang akan digunakan untuk melompat diletakkan di depan ketika dalam posisi start. Berikutnya pelari yang mengunakan 9 langkah kaki, biasanya digunakan oleh pelari pemula dengan kaki yang akan digunakan melompati gawang diposisikan di belakang saat start.

Pengertian Dan Teknik Lari Gawang (Guru Penjas)


Dalam melakukan lari gawang yang diperlukan adalah kecepatan dan pengaturan tempo yang baik untuk memperoleh sebuah keberhasilan pada saat diperlombaan. Demikian penjelasan tentang pengertian dan teknik lari gawang semoga bermanfaat dapat menambah wawasan pengetahuan bagi pembaca. "Salam Olahraga"



0 komentar