Cara Menjaga Lingkungan Yang Sehat (Guru Penjas)

Cara Menjaga Lingkungan Yang Sehat (Guru Penjas)

Setiap orang pasti menginginkan hidup yang sehat, karena hidup sehat merupakan bagian terpenting dalam melakukan segala aktifitas apapun. Pada kesempatan kali ini sporteducation399.blogspot.com akan memberi tahu cara menjaga lingkungan yang sehat, bersih dari sampah, dan terhidar dari penyakit. Dibawah ini akan dijelaskan untuk menjaga lingkungan agar tubuh kita selalu sehat.

Lingkungan Yang Sehat

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekeliling kita baik yang berupa makluk hidup maupun benda-benda yang tidak mempunyai nyawa. Lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan kita, lingkungan juga dapat mempengaruhi kebiasaan dan pola hidup seseorang. Jika lingkungan di sekeliling kita sehat maka kitapun menjadi sehat. Namun jika lingkungan di sekeliling kita tidak sehat maka bisa jadi dapat mengganggu kesehatan kita.

A. Ciri-ciri lingkungan sehat

Ciri ciri lingkungan sehat dapat kita lihat dalam kehidupan sehari hari tercermin dari rumah dan gaya hidup seseorang tersebut.lingkungan yang sehat dapat mecegah menyakit dan membuat kita lebih nyaman.Ciri-ciri lingkungan sehat antara lain sebagai berikut:
  1. Udara bersih, segar, dan terasa sejuk. Selain itu, juga tidak berbau dan jauh dari pencemaran udara
  2. Lingkungan sekitar bersih, tidak ada sampah yang berserakan yang dapat  menimbulkan bau tidak sedap. 
  3. Ada tempat sampah dan keadaannya bersih. 
  4. Ada saluran air yang bersih dan lancar
  5. Jauh dari kebisingan suara  
  6. Terdapat pepohonan dan tumbuhan hijau yang tertata rapi. Pohon dan tumbuhan hijau dapat memberikan udara yang sejuk dan dapat mengurangi polusi debu.
  7. Keamanan terjamin
  8. Masyarakat lingkungan sekitar ramah tamah

B. Ciri-ciri lingkungan tidak sehat

Global warming atau pemanasan global merupakan salah satu isu yang marak beredar saat ini. Pasalnya suhu bumi semakin tinggi yang disebabkan oleh penipisan lahan hijau di seluruh dunia. Hal ini sangat merisaukan, mengingat perubahan musim menjadi tidak terkendali. Faktor lain yang menyebabkan global warming semakin berkembang adalah semakin sedikitnya pemukiman yang menerapkan ciri-ciri lingkungan sehat. Ciri- ciri lingkungan tidak sehat antara lain sebagai berikut:
  1. Banyak sampah berserakan dan menimbulkan bau tidak sedap
  2. tidak tersedia tempat sampah
  3. Udara berbau 
  4. Tidak ada saluran air yang lancar, kalaupun ada keadaanya kotor dan menimbulkan bau tidak sedap.
  5. Banyak hewan liar yang dapat menimbulkan penyakit.

C. Cara menciptakan lingkungan yang sehat

lingkungan sehat dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari,yaitu dengan cara membersihkan tempat tinggal kita dan bebas dari sampah,maka kita dan anggota keluarga kita pun akan sehat dan bebas dari penyakit.berikut ini tips yang bisa di ambil untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat. Cara menciptakan lingkungan yang sehat adalah sebagai berikut:
  • Mengkampanyekan akan pentingnya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat sekitar
  • Buatlah tempat sampah yang memisahkan antara sampah organik dan non organik.
  • Membuat jadwal rutin untuk melakuan aktivitas pembersihan lingkungan secara terjadwal
  • Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
  • Membersihkan selokan
  • Tidak mencemari air dengan membuang sampah disungai
  • Tidak menebang pohon sembarangan
  • Taat kepada peraturan
Sebenarnya kunci dari lingkungan hidup sehat adalah terdapat dari diri kita sendiri, menyadari akan lingkungan yang mesti dijaga, secara tidak langsung akan menjadi lingkungan yang sehat. Demikian penjelasan dari saya cara menjaga lingkungan yang sehat, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. "Salam Olahraga"

0 komentar