5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang

5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Siapa yang yidak kenal dengan olahraga yang sati ini, Renang adalah olahraga yang dimainkan di dalam air, Di artikel sebelunya juga sudah dijelaskan bahwa  perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Saat itu, sebagian besar peserta berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Dan tujuan renang adalah untuk melatih pernafasan dan juga memperolaeh kebugaran jasmani, dalam kesempatankali ini saya akan membahas beberapa gaya renang yang sangat penting untuk dipelajari. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasanya dibawah ini.

Macam-Macam Gaya Renang

Renang merupakan salah satu olahraga di air yang dapat menyehatkan tubuh. Hal itu karena pada saat berenang semua anggota tubuh ikut bergerak, sehingga olah raga ini termasuk olah raga yang kompleks untuk kesehatan semua anggota tubuh. Tetapi di dalam berenang kita harus memiliki keahlian ubtuk dapat mengapung di dalam air, apabila tidak maka kita bisa tenggalam.

Teknik gaya dalam berenang bisa dilatih apabila anda ingin bisa berenang, macam-macam gaya renang juga ada bermacam-macam. Anda bisa melatihnya sesuai tingkat kemampuan yang anda miliki. Untuk teknik dasar berenang yaitu bisa melayang di air atau mengapung. Apabila telah menguasai hal tersebut maka tidak akan sulit bagi kita untuk melatih gaya berenang. Dalam berenang ada beberapa macam gaya diantaranya yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Nah pada kesempatan kali ini lah kami akan membahas tentang pengertian renang gaya punggung dan tekniknya. Tahukah kamu apa itu renang gaya punggung? Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu tentang apa yang di maksud renang gaya punggung. Tetapi jika kamu belum tahu definisi renang gaya punggung atau arti renang gaya punggung maka anda bisa menyimak penjelasan berikut ini

1. Gaya Dada  (Breast Stroke)

Gaya dada atau aring disebut juga dengan gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Saat posisi tangan lurus kedepan kaki dibuka menendang kearah samping dan pada saat tangan diayunkan kesamping sampai ke arah bawah dada maka posisi dada dan kepala diangkat ke permukaan air.
5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Teknik pada gaya dada adalah berenang dengan posisi dada menghadap pada permukaan air, tetapi batang tubuh selalu dengan keadaan tetap. Kedua belah kaki akan menendang ke arah luar sedangkan kedua belah tangan meluruskan di depan.

Kedua belah tangan membuka ke samping seperti terjadi gerakan membelah air supaya badan akan maju lebih cepat ke depan. Melakukan pernapasan ketika mulut berada pada permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau dengan dua kali gerakan tangan-kaki.

Posisi pada tubuh stabil dan kepala bisa berada di luar air dengan waktu yang lama. Gaya dada serta gaya bebas pada kedua gaya renang ini yang biasanya menjadi pelajaran pertama kali bagi perenang pemula.

2. Gaya Bebas (Front Crawl)

Renang Gaya Bebas dalam bahasa Inggris, disebut dengan front crawl. Renang gaya bebas sebagai salah satu nomor olahraga renang adalah berenang dengan posisi wajah menghadap ke permukaan air, kedua lengan mengayuh secara bergantian, kedua kaki naik turun mencambuk air secara bergantian.
5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Teknik pada gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap pada permukaan air. Keduanya membelah lengan dengan bergantian digerakkan jauh menuju depan dan dilakukan gerakan mengayuh, selain itu kedua belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas juga ke bawah.

Saat berenang, posisi wajah harus menghadap pada permukaan air. Melakukan pernapasan saat lengan digerakkan keluar pada air, ketika tubuh menjadi miring lalu kepala berpaling ke samping. Waktu mengambil napas, perenang harus dapat memilih untuk menoleh ke kiri ataupun ke kanan.

Daripada gaya berenang lain, gaya bebas adalah gaya renang yang dapat membuat tubuh melaju lebih cepat dari air.. Dan pengambilan nafas yang baik dilakukan pada saat tiga kali gayuhan.

3. Gaya Punggung (Back Stroke)

Renang gaya punggung (back stroke) yang sering disebut juga dengan gaya dolpino adalah gaya berenang dengan posisi menghadap ke permukaan air. Jadi, posisi wajah adalah menghadap ke atas, perenang mudah dalam mengambil napas, tetapi tidak dapat melihat ke depan. Gaya berenang dengan gaya bebas, namun dilakukan dengan posisi tubuh terlentang.
5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Sikap start berenang gaya punggung berbeda dengan gaya bebas, gaya kupu-kupu atau gaya dada yang dilakukan di atas blok star. Untuk perenang gaya punggung pada saat start dalam perlombaan dilakukan di dalam kolam. Saat start perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua tangan memegangi besi yang dijadikan pegangan di diinging kolam. Kedua lutu ditekuk diantara kedua tangan, kemudian kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam.

Renang Gaya punggung merupakan gaya dalam berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno Gaya punggung pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade Paris 1900. Renang gaya punggung adalah gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah renang gaya bebas.

Gaya punggung merupakan gaya paling digemari bagi perenang pertandingan maupun rekreasi. Dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa perenang-perenang pemula merasa lebih senang mempelajari gaya punggung daripada mempelajari gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu. Hal ini dikarenakan wajah perenang berada di atas permukaan air, sehingga mudah bernapas dan juga lebih mudah membuka mata. Penggunaan gaya punggung elementer selama berenang membutuhkan koordinasi yang baik antara ayunan tangan, ayunan kaki, serta sikap tubuh yang benar.

4. Gaya Anjing

Gaya Renang Anjing. Gaya Renang Anjing ialah suatu teknik berenang yang mempunyai gerakan seperti Anjing berenang di Air, posisi kepala berada diatas air lalu sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. oleh sebab itu, gaya ini sering disebut gaya Anjing.
5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Renang gaya anjing biasanya banyak dilakukan di perkampungan, karena mengetahui belum ada fasilitas kolam renang untuk alternatif ,  maka sungai yang dijadikan tempat untuk berenang. 

Seperti saya pribadi dulu ernah mengalaminya pada saat masa kecil, masa kecil memang adalah fase untuk mnencari kesenangan. Dulu Sering sekali berenag disungai dengan sahabat masa kecil, maka sdari itu renang gaya anjing juga sering disebut juga dengan renang gaya kali (sungai).

5. Gaya Samping

Gaya renang ini dengan melakukan gerakan menyampingkan badan di permukaan air  dengan cara mengayunkan tangan di antara tangan kanan ataupun tangan kiri dan melakukan dorongan seperti halnya meloncat yang dapat mengatur nafas jika kita terjadi kelelahan dalam berenang. 
5 Macam Gaya Dalam Olahraga Renang
Namun gaya ini jarang dilakukan oleh orang, lain halnya dengan renang gaya bebas, gaya dada, dan gaya pungung yang memang sudah di perlombakan di asia bahkan di dunia. Mamun  renang gaya samping juga bisa dilakukan pada saat berenang beramai-ramai dengan teman dikolam.


Demikianlan beberapa gaya renang yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda. olahraga renang memang sangat bayak diminati oleh banyak orang mulai dari kalangan atas sampai yang bawah, karna sesuatu yang mengasikan dan seru pada saat dikolam renang. "Salam Olahraga"

0 komentar