Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Ketemu lagi dengan ane sporteducation399.blogspot.com, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola  voli.

Okey, langsung saja kita mualai pembahasanya.


Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas dan mengetahui teknik dasar passing atas dan passing bawah, kali ini saya akan memberikan tambahan wawasan secara mendetail tentang pengembangan passing atas dan passing bawah.

Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Utuk menjadi pemain bola voli yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang lebih, tentunya kita harus melakukan usaha yang sangat serius, karena untuk menjadi seorang bintang kita butuh latihan yang sangat keras.

Dalam pengembangan passing kali ini, saya akan memberikan trik-trik dalam melakukan passing atas dan passing bawah secara lengkap dan optimal.Yang perlu kita ketahui terlebih dahulu passing terbagi menjadi dua bagian, yaitu pasising atas dan passing bawah. dalam permainan bola voli passing sebagai benteng serta langkah awal setrategi serangan dan pertahanan dalam sebuah tim.

Baik langsung saja kita masuk ke pembahasan inti.

Pengembangan Passing Atas

Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Passing atas terbagi menjadi dua teknik yaitu pasing atas ke arah depan dan passing atas ke arah belakang. Biasanya yang sering menggunakan teknik keduanya adalah tosser (pengumpan). Berikut ini cara latihan passing atas ke arah depan dan passing atas ke arah belakang serta alat-alat yang perlu di persiapkan.

Alat-alat yang digunakan
  • Pasir
  • Bola basket
  • Ember berukuran besar
  • Handgrit
  • Sarung tangan kain

Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

1. Latihan Passing Atas ke Arah Depan 

Diatas adalah gambar passing atas kearah depan. Passing atas ke arah depan maksutnya adalah bola di dorong ke depan menggunakan jari-jari tangan, dengan cara yang baik dan benar.
Di bawah ini cara latihan passing atas ke arah depan.
  • Push-Up menggunakan ujung jari-jari tangan.Cara melakukanya adalah: posisi tubuh tengkurap jari-jari tangan merapat, kaki merapat dan jari kaki lurus kebawah, dengan gerakan naik dan turun. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang.
  • Latihan menggunakan pasir yang di taruh dalam wadah ember besar, cara melakukanya adalah: Pertama-tama yang di lakukan adalah memakai sarung tangan kain terlbih dahulu, lalu kedua jari-jari tangan merapat dan di tusuk-tusukan ke arah pasir  di dalam ember sudah  yang sudah di isi dengan pasir, lakukan latihan ini secara berulang-ulang.
  • Latihan mengunakan bola basket, ada dua cara pada latihan ini.Yang pertama adalah membuat garis lingkaran secukupnya sebagai pembatas kita. Setelah itu lakukan passing atas secara berulang-udang. Dan yang kedua adalah memantulkan bola basket ketembok dengan cepat, lakukan berulang-ulang.
  • Latihan menggunakan handgrit. Cara melakukanya adalah pegang handgrit tersebut menggunakan ujung jari, persis seperti kita memegang sebuah tang lalu tekan kedalam. Lakukan berulang-ulang.

Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

2. Latihan Passing Atas ke Arah Belakang.

Diatas adalah gambar passing atas ke arah belakang. Passing atas ke arah belakang maksutnya adalah bola di dorong kebelakang menggunakan jari-jari tangan, dengan cara yang baik dan benar. Di bawah ini cara latihan pasing atas kearah belakang.
Sebenarnya hampir sama latihan passing kearah belakang ini dengan pasing atas kearah depan, namun ada sedikit tambahan point penting dalam latihan ini yaitu latihan back-up kombinasi dengan bola basket, latiham ini di lakukan dua orang dengan cara berpasangan.
Cara melakukanya adalah sebagai berikut:

Posisi badan tengkurap, tangan lurus kedepan. Setelah sudah siap, pasangan yang berada di depanya melempar bolanya pas di atas kepala dan melakukan dorongan bola lurus keatas.

Pengembangan Passing Bawah

Pengembangan Passing Atas Dan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Passing bawah sangatlah penting dalam permainan bola voli, dalam permainan bola voli yang harus di kuasai terlebih dahulu selain dari passing atas adalah passing bawah karena sangat menunjang dalam sebuah penampilan di setiap perlombaan. Selain itu juga passing bawah lebih sering di lakukan untuk devens (pertahanan) dalam sebuah pertandingan dan menahan serangan dari lawan, untuk itu passing bawah sangat penting untuk di pelajari.

Berikut ini langkah-langkah latihan passing bawah yang harus di lakukan.
  • Latihan jalan zig-zag membukuk Cara melakukanya adalah berjalan zig-zag dengan posisi kaki sedikit di tekuk dan posisi tangan lurus kedepan.
  • Latihan menahan bola yang di lemparkan kekanan dan kekiri dan mempertahankan supaya bola tidak jatuh.
  • Latihan menahan bola yang di pukul keras oleh seorang pelatih dan bola harus tetap tenang tidak boleh melenceng.
  • Berdiri di antara garis dan tembok yang berjarak 30 cm menahan bola yang di pukul keras oleh pelatih.

Sekian penjelasan tentang pengembangan passing bola voli, semoga bisa menambah wawasan ilmu dan bermanfaat bagi anda,Sampai jumpa kembali di artikel berikutnya "Salam Olahraga".

0 komentar