Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Yang Baik (Guru Penjas)

Ketemu lagi dengan ane  sporteducation399.blogspot.com pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang teknik dasar smesh dalam permainan bola voli yang baik dan mudah untuk di fahami. Okey langsung saja kita mulai pembahasanya. Dalam permainan bola voli tentunya setiap pemain mempunyai gaya masing-masing saat berada di lapangan, saat ini permainan bola voli sangat ramai dan banyak  di digemari masyarakat banyak orang dari berbagai kalangan, Bagai Mana Tidak? Karna olahraga bola voli sangat kerap kita jumpai di berbagai iven- iven pertandingan mulai di desa-desa maupun di kota.  

Namun kali ini kita hanya akan membahas teknik dasar smash dalam permainan bola voli, pada kesempatan ini kita akan memahami dan mengetahui teknik smesh yang baik dan benar dalam permainan bola voli. Baik langsung saja kita mulai pembahasanya.

Devinisi Teknik Dasar Smash Bola Voli

Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Yang Baik Dan Benar
Sebelum belajar mengenai teknik dasar smash bola voli, akan lebih baiknya kita mengetahui pengertian dari smash itu sendiri. Smash dalam permainan bola voli adalah teknik yang paling utama dalam penyerangan, terhadap tim lawan untuk mencari kemenangan. teknik smas sendiri merupakan bagian terpenting dalam permainan bola voli karena penentu unggulnya sebuah permainan di lihat dari smash itu sendiri. Mungkin penjelasan saja tidak cukup jika langkah-langkan penerapanya belum di diketahui. Maka dari itu langsung saja simak penjelasan singkat menenai langkah-langkah teknik dasar smash bola voli dengan jelas.



A. Macam-Macam Smash Dalam Bola Voli

> Open
Pemukul melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan yang tertinggi.

> Semi
Setelah bola lepas di pasing kearah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan kedepan dengan langkah menuju kearah pengumpan. begitu pengumpan meyajikan bola dengan ketinggian 1 meter di tepi atas net makan secepatnya pemukul meloncatdan memukul bola.

> Quick
Setelah melihan bola pasing kearah pengumpan, maka pemukul langsung bergerak cepat ke arah pengumpan, loncatan di lakukan sebelum bola di sajilkan oleh pengumpan, setelah pengumpan menyajikan bola dngaan cepat di pukul. Gerakan yang sangat cepat akan menghasilkan serangan yang baik dalam smash bola quick.

> Drive 
Smash ini biasanya di gunakan oleh pemain untuk bola yang berada jauh dari net, saat meloncat smasher agak dekat dibawah bola, berbeda dengan saat meloncat pada smash normal. Bola yang akan di smash terletak diatas kanan bahu lengan pemukul. Gerak lecutan tangan dari depan atas badan diputarkan kearah yang berlawanan dengan arah jarum jam, telapak tangan membentuk cekungan seperti sendok. Cambukan keras, perkenaan bola dibagian belakang kearah bagian muka dengan telapak tangan, aktifkan gerakan pergelangan tangan . Gerakan cambukan harus dibantu oleh otot² perut, samping dan bahu. Akibat cambukan kurve jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net, bola bergerak dengan cepat dan tajam. 

> Dummy
Pemain melakukan gerakan sama dengan pada waktu hendak melakukan smash, tetapi pada waktu kontak dengan bola, bola tidak di pukul melainkan di sentuh saja dengan jari tangan. Bola di arahkan ketempat yang tidak terjangkau oleh lawan.

> Bola 3 meter
Pwnmukul sebelum melakukan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak ke arah luar lapangan kaarah garis belakang. Pengumpan memberikan bola pas di garis tengah dengan ketinggian yang cukup, lalu pemukul mendekaki bola yang di berikan olah pengumpan untuk di pukul dengan pukulan bola parabol(bola lengkung).


B. Penjelasan Teknik Dasar Smash Bola Voli

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, mengenai teknik dasar smash bola voli, rupanya teknik dasar smash bola voli ini cukup sulit dalam pelaksanaanya, yang harus kita ketahui dalam pelaksanaan smash bola voli kita perlu mengetahui teknik dasar bola voli yang lainya seperti: servis, pasing dan blocking seperti yang sudah saya di jelaskan di artikek saya sebelumnya. Karena dengan teknik tersebut, akan terasa semakin lengkap dan terbilang mendekati sempurna. Dalam permainan bola voli smash  harus di lakukan dengan keras dan menungkik agar serangan dapat mematikan lawan.

Dalam melakukan smash bola voli terdapat 4 teknik yang dapat menghasikan power dan smash yang keras serta menungkik dan mematikan di antaranya yaitu Awalan, Tolakan, Pukulan dan pendaratan.


1. Awalan Smas Bola Voli.

Teknik awaklan akan mempengaruhi hasil smash anda, awalan yang baik meliputi pijakan dan penentuan waktu anda melompat agar nantinya datangnya bola dan waktu anda melakukan dapat berjalan secara tepat.Sebelum anda melakukan lompatan, pastikan jarak anda tidak terlalu dekat dengan net. Hal tersebut bertujuan agar anda mempunyai tempat yang pas untuk melakukan awalan yang baik dan awalan ini berjara sekitar 2-4 meter dari net.
Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Yang Baik Dan Benar
  • Awalan di lakukan dengan tiga kali langkah.
  • Di mulai dari kaki Kiri, di susul kaki kanan yang melangkah panjang lalu kaki kiri untuk melakukan tolakan.
  • Melatih ketepatan dengan cara memperkrakan jarak awalan dari net
  • Awalan dilakukan dengtan pijakan yang tepat dan kuat sehinggga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Teknik Tolakan Dalam Bola Voli

Teknkik tolakan dalam permainan bola voli terletak pada otot kaki dan pergelangan kaki, karna saat melakukan tolakan maka akan terjadi kontraksi otot di pergelangan kaki, lutut dan pinggul. Oleh karena itu untuk memperoleh lompatan yang tinggi di perlukan latihan khusus. karna dalam melakukan smash sangat penting untuk mendapatkan menjangkau bola yang berada di atas untuk di pukul.
Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Yang Baik Dan Benar
  • Posisi tubuh membungkuk.
  • posisi lutut di tekuk kebawah.
  • meloncat  menggunakan kekuatan kaki yang di angkat kuat melayang ke atas.
  • Kedua tangan di ayunkan dari bawah ke atas dengan gerakan yang baik dan benar.

3. Teknik Pukulan Smash Bola Voli

Pukuan merupakan inti dari melakukan smash bola voli, karena itu dalam proses melakukanya smash  harus maksimal agar mendapatkan smahan yang keras dan tidak terbendung oleh blok. Untuk mendapatkan pukulan yang keras tentunya butuh latihan khusus, dalam melakukan pukulan yang harus di pelajari adalahmelatih Ketepatan, Power, Penempatan dan Kelenturan Tubuh agar dapat menghasilkan pukulan yang mematikan.

Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Yang Baik Dan Benar
  • Posisi telapak tangan harus di buka.
  • Fokus kepada bola yang mau di pukul.
  • Ketepatan dalam memukul bola harus di perhatikan.
  • Bola di pukul tepat di tengah-tengah.

Untuk menjadi seorang pemain yang profesional tentunya kita harus melakukan latihan yang sangat serius dan butuh proses yang sangat panjang untuk mendapatkan itu semua, tidak ada yang tidak ada mungkin asalkan kita mau belajar dan berusaha. Demikianlah penjelasan teknik dasar smash bola voli semoga bermanfaat.
Sampai jimpa di artikan berikutnya (Salam Olahraga).

0 komentar