Pengembangan Servis Bola Voli (Guru Penjas)

Ketemu lagi dengan ane sporteducation399.blogspot.com, kali ini saya akan membahas tentang perkembangan servis bola voli yang baik dan benar. Okey langsung saja kita masuk ke pembahasan. Seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya, servis sangat penting dalam permainan bola voli.Untuk menjadi seorang bintang di dalam arena pertandingan, tentunya kemampuan permainan yang bagus akan menunjang keberhasilan dalam bermain bola voli.

Servis dalam bola voli sebagai penentu utama untuk mencari angka dan point dalam pertadingan bola voli, oleh sebab itu pengembamgan tentang servis sangat menarik untuk kita pelajari.Di bawah ini adalah latihan dan trik-trik dalam pengembangan servis bola voli.

Macam-Macam Servis Dalam Bola Voli.

  1. Underhand serve (servis bawah)
  2. Tennis serve ( servis atas)
  3. Jump serve ( servis melompat)
  4. Floating serve (servis mendatar)

1. Latihan uderhand serve (servis bawah)

Servis bawah dalam permainan bola voli adalah trik servis yang paling dasar, di bawah ini cara pengembangan latihan servis bawah.

Pengembangan Servis Bola Voli Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasanya
  • Latihan berpasangan saling berhadapan, cara melakukanya adalah keduanya saling bergantian memukul bola.
  • Latihan ketepatan. Cara melakukanya adalah memukul bola dari bawah ke atas, lakukan latihan ini berulang-ulang.
  • Latihan gerak lanjutan dengan cara kaki kiri berada di depan, setelah bola dipukul lalu kaki kanan maju ke depan lakukan cara ini berulang-ulang.

2. Larihan Tennis Serve ( servis atas)

Servis atas dalam permainan bola voli adalah salah satu trik yang sangat penting untuk di pelajari, karena servis atas lebih dominan di lakukan dalam permaiman bola voli.
Di bawah ini cara latihqn servis atas.

Pengembangan Servis Bola Voli Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasanya

  • Latihan mengayunkan tangan. Tangan kanan yang berada lurus ke atas dan tangan kiri lurus kedepan, ladu di ayunkan dari belakang kedepan.
  • Latihan gerak lanjutan. Posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, lalu saat tangan di ayunkan ke depan, kaki kanan bergerak maju menikuti gerakan tangan.
  • Latihan ketepatan. Cara melakukan latihan ini dengan cara berpasangan dan saling berhadapan, setelah itu lakukan sevis atas dengan gerakan yang benar secara berulang-ulang.

3. Jump Serve ( servis melompat)

Jump serve, dalam bola voli memang cukup sulit untuk di lakukan, namun sesulit apapun asal kita mau belajar pasti bisa.
Di bawah ini adalah cara latihan jump serve.

Pengembangan Servis Bola Voli Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasanya

  • Latihan lompatan, cara melakukan latihan lompatan dengan cara sebagai berikut. Berdiri tegak lalu maju 3 langkah dengan gerakan di mulai dari kaki kiri,kanan,kiri dan melompat.
  • Latihan melempar bola. Bola di lemparkan ke atas dan di putarkan ke depan masuk garis servis, lakukan latihan ini secara berulang-ulang.
  • Latihan ketepatan. Pada latihan ini yang perlu di lakukan adalah kosentrasi melihan pergerakan bola yang di melambung ke atas, lalu bola di pukul tepat pada tengah-tengah perputaran bola.
  • Latihan memukul bola. Bola di Pukul parabol dari tempat servis melewati net. Untuk melatih bola parabol dengan cara bola di pukul dari  atas ke kebawah dan di pantulkan ketembok dengan cara berulang-ulang.

4. Floating Serve (servis mendatar)

Floating serve adalah trik servis yang sangan sering di gunakan pada pertandingan bergengsi, floating serve juga menjadi serangan mematikan, karena bola sangat susah untuk diterima oleh lawan. Berikut ini cara latihan floating serve.
PENGEMBANGAN SERVIS BOLA VOLI LENGKAP DENGAN GAMBAR DAN PENJELASANYA
  • Latihan lemparan. Lemparan bola sedikit berbeda dengan sevis lainya. bola di angkat sejajar dengan dada, posisi ventilasi bola di hadapkan ke arah kita lalu bola di lempar ke atas kira-kira 3 bola dari kepala. Usahakan lemparan bola tidak berputar /tetap lurus.
  • Latiha ketepatan. Yang perlu di lakukan pada latihan ini adalah melihat pergerakan bola dengan yang di lempar ke atas sampai bernar-paham dengan pergerakanya.
  • Latihan pukulan. Pukulan harus tepat mengenai ventilasi bola, sehingga nanti akan mendatar dan melenggok-lenggok. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang sampai benar-benar bisa.
Demikian artikel tenteng pengembangan servis bola voli, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan dan bermanfaat.
Sampai jumpa di artikel berikutnya. "Salam Olahraga"

0 komentar