Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar (Guru Penjas)

Dalam Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ukuran ;apangan sepak bola lengkap dengan gambar dan penjelasanya. Sepak bola merupakan olahraga yang sangat banyak digemari oleh setiap orang, khususnya rakyat Indonesi, yang sangat banyak menyukai olahraga satu ini. Sepak bila dimainkan oleh 11 orang pada masing-masing tim, satu pemain sebagai penjaga gawang, yang sangat berperan penting untuk menjaga bola agar tidak dapat memasuki gawang yang dapat menambah angka lawan.

Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa teknik yaitu Menggiring, Mengumpan, Menyundul, Menendang, dan Melempar bola. Tektik tersebut harus dikuasai setiap pemain, agar dapat bermain sepak bola dengan baik dan benar. Namum Sebelum kita mengetahui isi dari sepak bola, akan lebih baiknya kita mengetahui sarana dan prasarana serta ukuran lapangan sepak bola terlebih dahulu, Berikut ini akan dijelasakan ukuran dan sarana-prasarana sepak bola.

LAPANGAN SEPAK BOLA

Mengetahui ukuran lapangan sepak bola merupakan suatu wawasan tambahan yang bisa memberikan pengetahuan lebih untuk anda. Nah Berikut ini Adalah Ukuran lapangan sepak bola standar internasional sebagai berikut:

A. Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional Internasional

Lapangan standar internasional pastinya memiliki ukuran yang sedikit lebih luas dibandingkan dengan lapangan skala nasional hal ini dikarenakan permainan skala ini jauh lebih dibuat menantang dnegan ukuran lapang yang luas. Kriteria ukuran lapangan sepakbola le adalah sebagai berikut:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar (Guru Penjas)
  • Panjang: 90 – 120 meter.
  • Lebar: 45 – 90 meter.
  • Lingkaran Tengah: radius 9,5 meter.
  • Panjang Kotak Penalti: 40 meter.
  • Lebar Kotak Penalti: 16,5 meter.
  • Jarak tendangan penalti: 11 meter.
  • Panjang Area Gawang: 18,32 meter.
  • Lebar Area Gawang: 5,5 meter.
  • Tinggi Gawang: 2,4 meter.
  • Lebar Gawang: 7,3 meter.

B. Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Pertandingan yang diadakan dalam skala dalam negeri bisa disebut juga standar nasional, lapangan yang digunakan dalam pertandingan ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih sempit dibandingkan dengan lapangan skala internasional. Ukuran panjang lapangan standar nasional yang digunakan yaitu kisaran antara 90m sampai 120 m untuk panjang dan lebar yang harus memenuhi yaitu antara 45 m sampai 90 m,  ukuran tersebut merupakan ketentuan yang sudah berlaku sejak lama. Secara rinci lapangan nasional memiliki ukuran sebagai berikut:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar (Guru Penjas)

  • Ukuran 9,15 m terletak digunakan untuk ukuran lingkaran tengah lapang
  • Ukuran kotak kiper yang digunakan yaitu 18. 30 m x 5,5 m
  • Kotak pinalti yang disediakan tepat didepan gawang memiliki ukuran 40,3 m x 16,5 m

C. Ukuran Gawang Sepak Bola

Berdasarkan keterangan di atas maka mari kita mengetahui bersama informasi secara rinci, singkat dan jelas mengenai ukuran gawang sepak bola standar internasional. Bisa jadi anda berminat mendirikan lapangan sepak bola dengan standar yang umum hingga standar internasional. Beberapa uraian detail mengenai ukuran gawang, bentuk gawang dan kuatnya gawang akan dibahas di bawah ini:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar (Guru Penjas)

  • Ukuran gawang sepakbola, ukuran tinggi gawang setinggi 2.44 m, sedangkan panjangnya 7.32 m. Ukuran panjang dan tinggi gawang dihitung dari sisi dalam tiang sebuah gawang dan mistar di atasnya. Nah, jaring pada gawang memiliki ukuran lubang yang lumayan renggang yaitu 10 cm. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menjaring bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan.
  • Bentuk gawang, gawang yang diletakkan di tengah masing-masing garis gawang bentuknya terdiri dari dua tiang berdiri dan sebuah mistar yang terpasang di atasnya. Selain itu diberikan jaring agar dapat menahan laju bola sehingga tidak jauh keluar melebihi batas gawang.
  • Mengenai ketahanan gawang, bahan dari tiang dan mistar gawang yang bisa digunakan adalah besi, atau beberapa material dengan persetujuan FIFA, asal tidak berbahaya bagi pemain. Khususnya penjaga gawang, bentuknya elips dan diberi dengan warna putih. Mengenai ketahanan gawang harus tidak bergeser ketika permainan berlangsung. Entah gawang tertanam di dalam tanah lapangan atau hanya ada di atas tanah lapangan. Selain itu jaring gawang harus melekat pada tiang dan tanah serta tidak mengganggu kiper dalam menjaga gawang. 

D. Ukuran Bola

Bola dalam sepak bola memiliki 3 ukuran, yaitu 3, 4, dan 5. Besar kecilnya bola disesuaikan dengan usia pemain. Bola resmi dibuat dari pola-pola segi lima berwarna putih dan hitam yang dijahit menjadi satu. Berikut adalah contoh gambar bola sepak bola Internasonal:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar (Guru Penjas)
  • Ukuran            : 68-70 cm
  • Keliling           : 100 cm
  • Berat               : 410-450 gram
  • Lambungan : 1000 cm pada pantulan pertama
  • Bahan             : karet atau karet sintetis (buatan) atau kulit
  • Perlengkapan Lain yang Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

D. Sarana dan Prasarana

a) Bendera Sudut

Bendera yang diikat di sebuah tiang yang tepat berada di sudut-sudut lapangan. Bendera yang mudah dilihat dari jauh itu berfungsi menunjukkan batas maksimum bidang permainan. Ketinggian minimal bendera itu adalah 1,52 m.

b) Cone (Pancang Kerucut)

Alat yang terbuat dari plastik, berbentuk lancip di bagian atasnya, dan digunakan untuk menandai suatu area. Cone biasanya berwarna cerah, misal jingga.

c) Seragam

Seragam berguna untuk membedakan para pemain dan merupakan identitas diri setiap pemain. Setiap beberapa anggota tim dari daerah atau negara seragam yang dikenakan berbeda-beda. Seragam terdiri atas kaus, celana pendek, dan kaus kaki dengan warna dan corak yang sama yang dipakai oleh seluruh anggota tim (kecuali penjaga gawang).

Demikian penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola dan penjelasanya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk anda. Sampai jumpa kembali di artikel berikutnya. "Salam Olahraga"

0 komentar