Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu permainan olahraga bola besar yang dimainkan masing-masing tim berjumlah 11 orang, dan tujuan dalam sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan dengan sebanyak-banyaknya. namun dalam bermain sepak bola kita harus mengetahui teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu sebelum kita bermain. 

Pada kesempatan kali ini sporteducation399.blogspot.com akan meberikan cara taknik daar menyundul bola yang benar dalam permainan sepak bola, yang sangat kerap sekali dilakukan padasaat permainan sepak bola dan dibawah ini akan dijelaskan secara jelas cara menyundul bola yang bbaik dan benar.

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

Teknik Menyundul Bola (heading)

Menyundul bola adalah gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan ini dilakukan jika bola berada di udara atau melayang. Berikut ini contoh gambar pemaian saat melakukan menyundul bola.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari diantara masyarakat. Biasanya tidak hanya para orang tua saja yang menyukainya. Namun terdiri dari berbagai kalangan dari anak-anak, dewasa, orang tua, hingga paruh baya semuanya menyukainya. Nah jika dalam sebuah permainan sepakbola menangkap pertandingan merupakan suatu bentuk kepuasan tersendiri yang membanggakan.

Tidak jarang  berbagai teknik dipelajari untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, kali ini saya akan sedikit memaparkan mengenai teknik menyundul bola atau heading dalam sepakbola. Dalam melakukannya, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diulas secara lebih detail. Di bawah ini penjelasannya. Inilah beberapa teknik cara menyundul bola atau heading dalam sepakbola prinsip, kegunaan, dan macam-macam teknik menyundul bola. Teknik menyundul bola atau heading dalam sepakbola yang benar adalah sebagai berikut:

A. Prinsip Menyundul Bola

Pada sepak bola, menyundul bola juga memiliki prinsip dalam praktik gerakannya. Ada beberapa tahapan yang juga perlu untuk Anda pahami sebelum mulai berlatih dan menguasai teknik menyundul bola, yakni:
  • Lari menjemput arah datangnya bola, dan pandangan mata tertuju ke arah bola.
  • Otot leher dikeraskan dan dikuatkan
  • Gunakan dahi untuk menyundul bola. Jangan gunakan bagian lain dari kepala, sehingga membuat kepala anda tersakiti.
  • Badan ditarik kebelakang sehingga akan melengkung dan mudah untuk menyundul bola.
  • Pada saat menyundul tataplah bola, jangan memejamkan mata. Lihat dimana bola akan datang dan ikutilah gerakan dengan berlari menyongsong bola yang datang.

B. Fungsi Dan Kegunaan Teknik Menyundul Bola

Dibawah ini beberapa kegunaan dan manfaat menyundul dalam permainan sepak bola yaitu:
  • Dapat mempercepat dalam pengoperan bola kepada teman tim dan mempermudah berpindahnya bola.
  • Dapat lebih mudah untuk memasukkan bola ke gawang
  • Dapat dengan mudah memberikan umpan kepada kawan kita yang akan memasukkannya dalam gawang.
  • Dapat mempermudah membuat gol dengan umpan bola yang diberikan.
  • Dapat menggiring bola secara cepat untuk mematahkan serangan dari lawan main sehingga pertahanan gawang sendiri lebih kuat.

C. Macam-Macam Teknik Menyundul Bola

1. Menyundul bola berdasarkan arah datangnya bola, bisa ke arah depan, samping, dan ke arah belakang.

Teknik ini biasanya dilakukan pada saat perebutan bola yang berada diatas, menyudul bola berdasarkan arah datangnya bola bertujuan untuk melancarkan sebuah serangan yang akan diumpankan ke kawan tim dan akan di masukan kedalam gawang lawan.

2. Menyundul bola berdasarkan sikap badan pemain.


Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola
  • Jika pemain dalam keadaan berdiri maka: gunakan kondisi tubuh berdiri di tempat, kemudian siapkan badan anda mengarah pada bola yang akan datang, kaki sedikit ditekuk, badan condong ke belakang, mata tertuju pada arah datang bola. gunakan kekuatan otot perut dorong panggul dan kedua lutut diluruskan, ikutsertakan seluruh badan dengan gerak lanjutan ke arah sasaran bola.
  • Menyundul bola bisa dengan cara berlari yaitu dengan cara lari menuju bola yang datang, dan sundul bola.
  • Menyundul bola dengan melompat, dengan menggunakan tumpuan awal  ataupun tanpa tumpuan awalan. Jika dengan tumpuan awalan maka gunakan tolakan satu kaki atau dua kaki. Nah jika terdapat banyak yang menghalangi jalan anda atau lawan lebih baik tanpa awalan.

2. Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri

Teknik Menyundul Bola dengan Sikap BerdiriPada teknik menyundul bola, ada beberapa teknik yang dapat dipelajari di mana salah satunya adalah menyundul bola dengan sikap berdiri. Di bawah ini adalah sejumlah langkah yang bisa diikuti untuk mencoba melakukan gerakan yang tepat agar hasil sundulan juga baik:

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola
  • Pastikan sikap badan tidak sedang bergerak dan berhenti di tempat.
  • Hadapkan tubuh pada arah datangnya bola dan barulah dilanjutkan dengan menekuk kedua kaki bagian depan maupun belakang beserta lutut.
  • Condongkan tubuh ke arah belakang sedikit.
  • Fokuskan pandangan tetap ke arah yang sama, yakni pada datangnya bola.
  • Gunakan kekuatan otot perut untuk melakukan dorongan panggul dan kemudian juga mendorong kedua lutut untuk bisa diluruskan.
  • Seluruh tubuh juga kemudian bisa Anda condongkan ke depan dan lanjutkan dengan melakukan gerakan lanjutan untuk menyundul bola ke arah yang ditargetkan secara mantap.

3. Menyundul Bola dengan Melompat

Teknik Menyundul Bola dengan Melompat Mungkin Anda juga sudah pernah melihat atau menonton pemain sepak bola melakukan sundulan bola dengan aksi melompat. Pada teknik ini, pemain dapat memilih untuk melakukan sundulan bola dengan awalan atau tanpa awalan tergantung dari keinginan dan kenyamanan pemain saja. Ketika dilakukan tanpa awalan maka kedua kaki harus digunakan sebagai tolakan, sedangkan bila dengan awalan maka satu kaki saja yang digunakan.

Meski demikian, untuk teknik menyundul sambil melompat dengan awalan, tolakan tak hanya bisa dilakukan dengan satu kaki, tapi juga boleh menggunakan kedua kaki. Ketika ada banyak lawan yang mengepung saat kita menggiring bola, sulit untuk melakukan teknik menyundul dengan lompatan yang memakai awalan, berikut adalah sedikit penjelasannya:

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

  • Gerakan sundulan bola perlu Anda lakukan ketika mulai melompat atau di saat tubuh naik ke atas. Pada teknik sundulan dengan melompat ini, tujuan utamanya adalah agar serangan dari lawan dapat dipatahkan secara lebih mudah. Bahkan sundulan juga bisa dilakukan demi membersihkan bola dari area yang mengancam yang ada pada area depan gawang tim sendiri.
  • Gerakan sundulan bola juga dapat dilakukan ketika mencapai puncak alias titik paling tinggi akan lompatan yang dilakukan. Gerakan ini dilakukan supaya bola dapat disundul ke arah bawah. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk bisa mengoper bola kepada kawan setim atau juga dengan tujuan supaya bisa mencetak gol pada gawang tim lawan.

3. Menyundul Bola dengan Berlari

Teknik Menyundul Bola dengan BerlariSelain menyundul dengan posisi berdiri maupun gerakan melompat, ada pula gerakan atau teknik menyundul bola sambil berlari. Teknik ini juga banyak digunakan oleh para pemain sepak bola sewaktu pertandingan dan Anda pun bisa juga melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini:

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

  • Ambil posisi untuk berlari pada arah datangnya bola.
  • Fokuskan pandangan pada bola.
  • Gerakan yang dilakukan bisa dibuat seperti ketika hendak menyundul bola dengan sikap berdiri yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Sebetulnya, inti dari gerakan pada teknik menyundul bola dengan berlari ini hampir mirip dengan teknik menyundul sambil berdiri. Hanya memang bedanya, Anda perlu berlari dulu untuk menyongsong bola, barulah melakukan sundulan dengan gaya dan sikap tubuh persis dengan gerakan menyundul sambil berdiri.

4. Menyundul Bola dengan Sikap Melayang

Teknik Menyundul Bola dengan Sikap MelayangTeknik menyundul juga dapat dilakukan dengan sikap melayang. Gerakan ini rupanya sangat berguna ketika pemain hendak mencetak gol ke gawang lawan. Bola yang disundul dengan sudut yang tepat dan arah sasaran yang juga sempurna maka akan memberikan hasil memuaskan.

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

Untuk melakukannya, pemain tentu harus berani untuk menjatuhkan badan ketika menyundul bola karena intinya pemain harus melompat dan kemudian melayang sehingga nanti badannyalah yang akan terjatuh ke tanah setelah menyundul. Hal tersebut perlu dilakukan saat bola datang melambung dengan posisi bola yang juga tak begitu tinggi dari permukaan tanah.

Demikianlah penjelasan teknik dasar menyundul bola yang baik dan benar, dalam mencapai keberhasilan dalam permainan sepak bola tentu kita juga harus menguasai semua teknik dasar dalam sepak bola, salah satunya adalah teknik menyundul yang kerap dilakukan pada saat bermain sepak bola. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan anda, sampai jumpa di artikel berikutnya.
"Salam Olahraga"

0 komentar