Sangsi Pelanggaran Permainan Bola Voli (Guru Penjas)

Sangsi Pelanggaran Permainan Bola Voli (Guru Penjas)
Dalam cabang olahraga apaun pasti akan ada yang namanya peraturan permainan yang diterapkan dan harus dipatuhi, dalam permainan bola voli jug ada peraturan yang diterapkan dan setiap peraturan yang dilanggar pasti akan diberikan hukuman atau sangsi untuk pemain yang melakukan kesalahan tersebut. Pada kesempatan kali ini sporteducation399.blogspot.com akan memberikan perngertian hukuman atau sangsi apa saja yang diberikan oleh wait dalam permainan bola voli.

Pelangaran Dan Sangsi Permainan Bola Voli

Olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang menarik dan menyehatkan bagi tubuh kita. Dengan melakukan olahraga yang rutin maka sistem pembakaran lemak, peredaran darah, dan penyerapan nutrisi akan lebih efektif serta sistem metabolisme tubuh kita akan menjadi lancar.

Namun untuk menjadi pemain voli profesional kita harus memperhatikan hal-hal yang penting dalam permainan bola voli, seperti mengetahui teknik-teknik dasarnya dan aturan-aturan yang telah ditentukan agar dapat menjadi seorang pemain foli yang handal. Berikut ini adalah pelngaran-pelanggaran dan sangsi dalam permainan bola voli.

Macam-macam pelanggaran bola voli

dalam permainan bola voli pasti tidak luput dari sebuah kesalahan pada saat bermain, namun kali ini saya akan memberi tahu pelangaran-pelangaran yang tidak boleh dilakukan oleh pada pertandingan agar kaliah tahu dan tidak melakukan sebuah pelanggaran. berikut ini beberapa pelanggaran dalam permainan bola voli.
  1. keluar lapangan pada saat permainan masih berlangsung, hal ini disebut sebagai pelanggaran.
  2. Protes terhadap wasit dan mengucapkan kata-kata yang tidak sopoan, disebut juga dengan sebuah pelanggaran.
  3. Pelatih melakukan tindakan yang tidak mengenakan terhadap peraturan yang sudah dibuat oleh panitia pertandingan, hal ini disebut jiga sebagai pelanggaran.
  4. Berteriak keras menghadap kearah lawan saat berada dilapangan, hal ini disebut juga sebagai pelanggaran.
  5. Tidak memakai baju sragam/kostum dalam satu tim saat bertanding, disebut juga sebagai pelanggaran.
  6. kostum tidak ada  nomer punggung dan tidak ada lambang kapten dalam satu tim, itu disebut juga sebagai pelanggaran.
  7. Melepas baju pada saat pertandingan masih berlangsung, hal ini adalah sebuah pelanggaran.
  8. Memukul seseorang pada saat pertandingan berlangsung, ini juga sebuah pelanggaran
  9. Menunjuk kearah lawan pada saat permainan masih berlangsung, hal ini juga disebut sebuah pelanggaran
  10. Mengancam lawan dilapangan, hal ini juga suatu pelangaran.

Sangsi Atau Hukuman Bola Voli

Setelah kita sudah mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang tertulis diatas, yang dilakukan oleh pemain saat dipertandingan, sekarang kita akan membahas apa saja sangsi yang diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Dibawah ini adalah bentuk-bentuk sangsi atau hukuman yang akan diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran dalam permainan bola voli, hukuman yang harus diterima adalah sebagai berikut:
  1. keluar lapangan pada saat permainan masih berlangsung, hukuman atau sangsi yang diberikan kepada pemain yang keluar dari lapangan adalah lawan mendaptkan anggka sati pada saat pertandingan berlangsung dan pemain yang keluar dari lapangan tanpa izin dari petugas pertandingan akan diberikan peringatan.
  2. Protes terhadap wasit dan mengucapkan kata-kata yang tidak sopoan, banyak pemain yang terkadang terpancing dalam suasana lapangan pada saat bertandig dikarnakan ada sebuah tindakan yang menurutnya memang kurang berkenan, sampai pemain yerpancing emosinya mengeluarkan perkataan yang tidak sopan kepada wasit. Pelanggaran yang harus diterima oleh pemain yang berucap kurang sopan adalah diberikan kartu kuning oleh wasit, bertujuan untuk memperingati kalau pemain sampai melakukan hal yang sama akan di keluarkan dalam permainan.
  3. Pelatih melakukan tindakan yang tidak mengenakan terhadap peraturan yang sudah ditetapkan oleh panitia pertandingan. Hal ini juga sangat sering terjadi pada saat pertandingan bola voli berlangsing, biasanya hat ini terjadi dikarnakan pelatih kurang berkenan dalam sebuah peraturan yang disusun oleh ketua penyelengara pertadingan, seharusnya pelatih yang sudah profesional akan membantu panitia penyelenggara pertandingan, agar pertandingan bisa berjalan dengan lancar sampai pertandingan berahir dan dimenangkan oleh tim yang paling kuat (pemenang).
  4. Berteriak keras menghadap kearah lawan pada saat berada dilapangan, hal ini tentu tidak dianjurkan kepada semua pemain karna tindakan ini sangatlah tidak pantas dilakukan oleh pemain bola voli sejati, Hukuman yang harus diterima oleh pemain yang melakukan pelanggaran adalah, pemain dipanggi oleh pemimpin pertandingan (wasit) dan diberikan peringatan agar pemain tidak menngulangi pelanggaran tersebut.
  5. Tidak memakai baju sragam/kostum pada saat bertanding, ini jugs sring terjadi dalam tertandingan saranggam/kostum sebenarnya adalah indentitas penmain pada saat bertandin, namun terkadang masih sangat sering sekali kejadian ini8 terjadi didalan permainan. hujuman kepada tim yang tikak memakai seragam/kostum adalah tim tidak boleh mengikuti pertandingan selama tim yang melakukan kesalahan memakai kostum lengkap.
  6. kostum tidak ada nomer punggung dan tidak ada lambang utuk kapten, hal ini juga sangat sering terjadi didalam pertandingan bola voli, biasanya hal ini terjadi karna persiapan yang kurang matang pada saat hendak melakukan pertandingan.Hukuman yang diberikan kepada tim yang melakukan pelanggaran hampir sama dengan tim yang tidak memiliki kostum/sragam, namun bedanya tim yang tida mempunyai nomor punggung akan di tempel lakban sebagai pengganti nomer punggung dan tanda kapten.
  7. Melepas baju pada saat pertandingan masih berlangsung, tindakan ini terkadang terkesan kurang etis dilakukan oleh pemain, karena tidakan ini terlalu berlebihan untuk dilakukan oleh pemain. Hukuman yang harus diterima oleh pemain yang melakukan pelanggaran ini adalah, pemain di panggil oleh pemimpin pertandingan/wasit dan dikeluarkan dari permainan.
  8. Memukul seseorang pada saat pertandingan berlangsung, dalam pertandingan terkadang sering sekali terjadi kontak fisik, dikarnakan ucapan dan tingkah laku yang kurang baik. Hukuman yang harus diterima oleh pemain yang melakukan pelanggaran ini adalah, pertandingan dihentikan oleh wasit dan kedua kapten dari tim yang sedang bertanding diberikan peringatan. Namun jikalau kedua pemain tidak dapat diperingati maka permainan akan dibubarkan oleh wasit.
  9. Menunjuk kearah lawan pada saat permainan masih berlangsung, pelanggaran ini juga seing terjadi pada pemain yang sedang bertanding, hal ini biasanya terjadi karna salah satu pemain tidak senang terhadap lawang yang ditunjuk. Hukuman yang harus diterima oleh pemain yang melakukan pelanggaran adalah pemain di panggil oleh pemimpin pertandingan (wasit) dan diberikan kartu kuning.
  10. Mengancam lawan dilapangan, sebenarya hal ini sangaat tidak pantas di lakukan oleh pemain, karena pemain profesional paham hal yang tidak perlu dilakukan dan pemain profesional seharusnya dapat menjujung tinggi sepotifitas dalam bermain. Hukuman yang harus diterima oleh pemain yang melakukan pel;anggaran adalan, mpemain di panggil oleh pemimpin pertandingan (wasit) dan dikeluarkan dari ,pertandingan.

Demikian penjelasan tentang sangsi dan hukuman dalam permainan bola voli yang bisa anda pelajari, untuk menjadi pemain yang profesional yidak hanya dengan menguasai teknik-tekniknya saja melainkan juga harus mengetahui aturan-aturan dalam permainanya, mungkin itu saja yang dapat saya sampai kan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa diartikel berikutnya. (Salam Olahraga).

0 komentar