Teknik Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola (Guru Penjas)

Dalam permainan sepak bola jika kita mempunyai tendangan yang keras dalam bertanding, maka dapat dijadikan senjata pamungkas pada saat bermain sepak bola, karna tendangan dalam sepak bola sangat berpengaruh besar dalam permainan. Kita ambil contoh Cristiano Ronaldo, yang memiliki tendangan super keras dan lihai dalam mengolah bola pada saat bermain. Pada kesempatan kali ini sportedusation399.blogspot.com akan memberikan pengertian teknik dasar dalam permainan sepak bola, menendang adalah kemampuan seseorang dalam mengarahkan bola keteman bermain ataupun kegawang lawan yang bertujuan untuk mencetak gol. Berikut ini akan dijelaskan teknik-teknik dan cara menendang dalam permainan sepak bola secara jelas dan singkat.

Teknik Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola (Guru Penjas)

Teknik Menendang Bola (kicking)

Teknik menendang bola adalah teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kakiyang sangat penting dilakukan dalam permainan sepak bola, karena memiliki tendangan yang bagus, terarah dan keras adalah impian semua pemai bola. Teknik ini merupakan faktor yang dominan dalam permainan sepak bola. Teknik menendang bola dapat di bagi menjadi beberapa bagian:
  • Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

1. Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam adalah sebagai berikut:
  • Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, 
  • kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu. 
  • Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah luar. 
  • Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Teknik Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola (Guru Penjas)

2. Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut:
  • Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  • Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.
Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:
Teknik Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola (Guru Penjas)

3. Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung adalah sebagai berikut:
  • Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunka ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.
Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian pungung, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:
Teknik Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola (Guru Penjas)

Macam_macam Tendangan

1.Tendangan Sudut

Tendangan ini dilakukan dari sudut lapangan.Tendangan ini diberikan jika bola keluar digaris lebar lapangan dan mengenai lawan.Jika bola keluar kearah kanan gawang maka tendangan sudut dilakukan dari kanan arah gawang,begitu juga sebaliknya.

2.Tendangan Pinalti

Kenapa tendangan pinalti diberika ? Tendangan ini diberikan wasit jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh team lawan karena dengan sengaja melanggar pemain atau bisa hand ball di daerah kotak terlarang.

Sebelum melakukan tendangan pinalti bola harus ditempatkan pada titik yang sudah ditentukan.Seorang ekskutor yang telah ditunjuk untuk melakukan tendangan pinalti yang boleh mengeksekusi tendangan tersebut.Pemain lainnya berada diluar kotak terlarang.Pada waktu menendang sang algojo harus memperhatikan aba-aba dari wasit terlebih dahulu.

3.Tendangan Gawang

Tendangan gawang dilakukan jika bola yang keluar karena tendangan ataupun sundulan dari tim lawan dan telah melewati garis gawang.Tendangan gawang ini dapat dilakukan sesuai dengan keputusan wasit.Biasanya pemain yang sering melaukan tendangan gawang adalah seorang kiper.

4.Tendangan Bebas

Tendangan bebas ini biasanya bisa dilakukan dimana saja tepat terjadinya pelanggaran.Tendangan bebas juga bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.Tendangan bebas secara langsung adalah tendangan yang dilakukan tendangan yang dilakukan oleh satu orang pemain dan diarahkan menuju gawang.Sedangkan untuk tendangan bebas secara tidak langsung adalah tendangan yang secara tidak langsung diarahkan ke gawang namun melalui beberapa pemain (pagar betis).Tendangan bebas ini bisa dilakukan 32 orang atau lebih akan tetapi yang mengambil hanya satu orang.Tujuannya untuk menipu pagar betis yang dibuat oleh lawan.


Demikian pejelasan tentang teknik dasar menendang dan macam-macam tenangan dalam permainan sepak bola semoda bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda, serta dapat dijadikan tambahan bahan mengajar siswa. Sampai jumpa diartikel berikutnya.
"Salam Olahraga"

0 komentar