Sejarah Permainan Rounders Sampai Masuk Indonesia - Guru Penjas

Permainan Rounders merupakan salah satu permainan yang sangat mirip dengan permaian kasti dan softball. Permainanini sangat mengandalkan ketangkasan dalam melempar, menangkap, dan memukul bola serta sangat mengandalkan strategi di dalam permainannya.

Dalam permainan Rounders, Setiap team dalam permainan Rounders dimainkan oleh 18 orang pemain, dimana 12 orang bertugas sebagai pemain inti, dan 6 orang lagi bertugas sebagai pemain pengganti /cadangan. Teknik pemainan rounders adalah melempar, memukul, menangkap, dan berlari.
Sejarah Permainan Rounders Sampai Masuk Indonesia - Guru Penjas

- Sejarah Permainan Rounders

Rounders merupakan salah satu bentuk olahraga yang sering juga disebut sebagai kasti. Permainan ini tentunya bukan lagi hal yang baru bagi kita semua. Hal ini karena rounders merupakan salah satu permainan wajib yang dimainkan di sekolah, khususnya dalam penjaskes.

Tentunya olahraga ini tidak datang dengan sendirinya, ada sejarah rounders yang cukup menarik. Namun, sebelum membahas sejarah rounders, mungkin masih ada sebagian dari anda yang bingung terhadap permainan ini, oleh karena itu mari kita bahas sedikit mengenai rounders

Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.

Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.

Permainan ini sangat membutuhkan kerja sama dan kekompakkan para pemain. Aturan-aturan yang ada dalam permainan ini, hampir sama dengan permainan kasti atau permainan kipers. Untuk lebih jelas mengenai sejarah rounders, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.

Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts.  Aturan nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia.

Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943. Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

- Sejarah Permainan Rounders Diperkenalkan Di Indonesia

Permainan rounders ini masuk ke Indonesia tidak jelas kapan dan oleh siapa. Permainan ini mulai berkembang di Indonesia ditandai dengan banyaknya klub-klub rounders yang bermunculan di setiap daerah. Oleh karena itu, dibentuklah induk organisasi base ball dan softball yang disebut dengan Perbasasi (Persatuan Base Ball dan Softball Amateur Seluruh Indonesia). Kejuaraan nasional pertama diadakan pada tahun 1967 di Jakarta, dan juga dalam PON VII tahun 1969 di Surabaya.

Seirimg berjalanya waktu permainan rounders banyak dikenal oleh orang, Karna dalam permainanya yang seru dan dapat memakai alat sederhana, alat pukul bisa menggunakan kayu dan  hampir sama dengan permainan kasti, yang tentunya bisa dimainkan dilapangan terbuka. Permainan rounders bahkan saat ini menjadi salah satu pelarajaran di sekolah dasar, dimana dalam materi buku penjas terdapat materi permainan rounders. 

Demikian sejarah permainan rounders semoga bermanfaat dan apat menjadi tambahan ilmupengetahuan anda. "Salam Olahraga"

0 komentar