TIps Untuk Menjaga Tubuh Dari Cuaca Ekstrem

TIps Untuk Menjaga Tubuh Dari  Cuaca Ekstrem

Dalam keadaan duania yang sudah semakin menua, terkadang kita sering jumpai cuaca yang tidak menentu, terkadang tidak bisa di pastikan ketahanan tubuh kita terhadap cuaca yang ekstrem. Oleh sebab itu sangat penting kita mencegah tubuh kita agar terhidar dari berbagai penyakit yang menyerang kita. Biasanya penyakit yang datang pada saat cuaca ekstrem iyalah fllu, panas dalam, demam,dan lain-lain.

Cuaca ekstrim tidak hanya berdampak pada kegiatan sehari-hari, namun juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita. Seiring dituntutnya kita untuk tetap melakukan aktifitas rutin, dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit gangguan kesehatan. Untuk mengatasi cuaca ekstrim selama musim pancaroba kita harus menjaga daya tahan tubuh kita, agar tubuh kita tetap bugar dan selalu sehat.

Cuaca ekstrim yang terjadi saat ini terkadang cuaca siang hari sangat panas menyengat dan selang waktu tiba-tiba berubah cepat menjadi hujan yang deras yang bisa membuat daya tahan tubuh melemah dan kurang fit. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh kita. 

Dibawah Cara Mengatasi Dan Mencegah Berbagai Macam Penyakit  Saat Musim Pancaroba.


1. Penuhi Nutrisi Tubuh

Cosmo yakin jika nutrisi tubuh terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk. Sudah lama tidak menerapkan menu gizi seimbang? Saatnya terapkan kembali!

2. Rutin Berolahraga

Meski cuaca sering berubah-ubah bukan berarti kamu meninggalkan kebiasaan berolahraga ya. Ajak sahabat, keluarga atau buah hati untuk rutin berolahraga, meskipun hanya 30 menit. Yang penting, kamu dan orang-orang tercinta cukup bergerak setiap harinya sehingga tubuh tidak mudah letih. 

tetapi mengajak buah hati berolahraga bukan berarti memaksanya dengan olahraga-olahraga berat dan melelahkan ya. Kamu bisa mengajaknya berjalan di pagi ataupun sore hari selama 20-45 menit saja sudah cukup.

3. Konsumsi Vitamin/Suplemen Daya Tahan Tubuh

Olahraga memang dapat membantu menyehatkan tubuh, namun kamu tetap membutuhkan vitamin/suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, pilih suplemen yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Mengonsumsi banyak bawang putih

Bawang putih dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat membantu mengobati infeksi. "Bawang putih memiliki komponen anti-inflamasi (bagian dari respon imun sistem kekebalan tubuh)," kata ahli imunologi, dr Tania Elliott. 
Komponen tersebut akan bekerja mengatur bahan kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab untuk memerangi virus dan bakteri.

5. Mandi dengan air dingin

Meski melakukannya di pagi hari terasa menyiksa, tapi mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ketika tubuh mencoba melakukan pemanasan setelah merasa kedinginan, laju metabolisme dalam tubuh akan meningkat. 

6. Mengonsumsi suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Apa yang terkandung di dalamnya ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Minyak ikan akan membangun sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan serta meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan polifenol.

7. Mengonsumsi bawang mentah

Meski terasa aneh, tapi bawang mentah mengandung sejumlah manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
Elliott mengatakan, mengonsumsi bawang mentah sangat disarankan bagi Anda yang tengah terkena flu.

8. Menaburkan cabai bubuk ke dalam makanan

Tips ini bisa dilakukan para pencinta masakan pedas. Elliott mengatakan, cabai rawit mampu mengurangi lendir virus dan bakteri yang menyebabkan peradangan.
Namun, perlu dicatat, taburan cabai bubuk ini hanya berlaku bagi Anda yang tak bermasalah dengan perut.

9. Kumur-kumur dengan air garam

Ini merupakan tips bagi Anda yang tengah mengalami masuk angin. Elliott menyarankan Anda untuk berkumur-kumur dengan air garam laut yang hangat. 
Air garam disebut mampu membasmi virus, bakteri, alergi, dan lendir di tenggorokan.

Demikian tips cara menjaga tubuh dari cuaca ekstrem, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan ada.

0 komentar