Pengertian Sepak Bola dan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola (

Sepak bola adalah permainan masyarakat di dunia ini, karena olahraga sepak bola mudah dilakukan oleh semua kalangan, namun untuk menjadi pemain yang sukses tidaklah mudah, oleh karena itu sporteducation399.blogspot.com akan memberikan pembelajaran tingkat dasar dan memahami peraturan bermain yang benar dan tepat. Terutama di indonesia yang masyarakatnya termasuk paling banyak dibandingkan negara-negara lain di dunia, namun sampai ini belum mempunyai pemain ataupun tim yang mengikuti putaran final piala dunia, atau pemain yang berlaga di kelas dunia.


PERMAINAN SEPAK BOLA

Pengertian Sepak Bola dan Teklnik Dasar Permainan Sepak Bola ( Guru Penjas )
Sebuah permaianan yang sudah mendunia dan digemari oleh semua kalangan yang tidak membedakan ras atau suku, tua dan muda serta laki-laki maupun perempuan semua dapat melakukan permainan ini dan mendapatkan kebugaran dalam permainan sepak bola.

A.Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah 11 orang termasuk penjaga gawang, dengan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan, masing masing regu bertujuan memasukan bola kegawang lawan sebanyak-banyaknya dan mempertahankan gawang agar tidak kemasukan bola dari lawan yang dijaga oleh satu orang, yaitu penja gawang.

Biasanya permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak dengan durasi waktu(2 x 45 menit) isturahat 15 menit diantrara dua babak tersebut. Mencatak gol sebanyak-banyaknya kegawang lawan merupakan tujuan dari permainan sepak bola dan dinyatakan sebagai pemenang. 

Ukuran Lapangan

Pengertian Sepak Bola dan Teklnik Dasar Permainan Sepak Bola ( Guru Penjas )

Keterangan setandar lapangan sepak bola internasional :
  • panjang lapangan : Minimal 100 m ( 110 yard ) Maksimal 110 m ( 120 yard ).
  • Lebar lapangan : Minimal 64 ( 70 yard ) Maksimal 75 m ( 100 yard ).
  • Lingkaran tengah : Radius 9, 5 meter.
  • Panjang kotak pinalti : 40 meter.
  • Lebar kotak  pinalti : 46,5 meter.
  • Jarak tendangan pinalti : 11 meter.
  • Panjang area gawang : 18, 32 meter.
  • Lebar gawang : 5,5 meter.
  • Tinggi gawang : 2,4 meter.
  • ;ebar gawang : 7,4 meter.
  • Lebar garis : 12 cm ( 5 inci ).

B.Sejarah Sepak Bola

Kalau kita simak permaina sepak bola , belum jeals dari mana dan siapa pencipta dari olahraga tersebut, sampai sekarang belum ada literature yang dapat membuktikan secara olentik bahkan para ahlipun belum dapat memastikan siapa pencipta dari permainan sepak bola tersebut. Dari peninggalan-peninggalan sejarah ,kita mengenal beberapa sebutan seopak bola. Pada zaman cina kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, dikenal sebagai "Tanchu", di Italia pada zanan romawi dikenal sebagai " Hopartun" di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britnia (Inggris) dikenal dengan istulah "choule".Di Yunani kuno dikenal dengan itilah "Epishyros" dan dijepang di kenal dengan istilah "Kemari".

Pada 26 didirikan suatu badan yang disebut"English Football Assosiation". Kemudian pada tanggal 8 Desember 1863 lahirlan peratutran permainan sepak bola moderen yang disusun oleh badab tersebut ytang dalam perkembanganya mengalami perubahan.Atas inisiatif Geueri (prancis) 221 Mei 1904  berdirilah "FIbderation International Foot Ball" (FIFA).Atas inisiatif Jules Rumet  Pada tahun1930 diselenggarakan kejuaraan aepak bola dunia pertama di Montevideo , Urugay, oleh karena jasanya , maka mulai tahun 1946 piala dunia tersebut dinamakan "JULES REMET CUP". Kejuaaan tersebut diadakan 4 tahu sekali dan mulai tahun 1970 piala terseabut  menjadi milik Brazil, sebab negara ini telah memenangkan pertadingan piala dunia sebanyak 3 kali berturut-turut.

Di indonesia sendiri, pada 19 april 1930 dibentuk persatyan sepak bola seluruh indonesia (PSSI) di Yokyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Penngurus PSSI pertama kali di ketuiai oleh Ir. Soeratin Sorosoegonda. Untuk menghargai jasa-jasanya dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai 1999 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama " PIALA SOERATIN" (SOERATIN CUP). 

C.Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Untuk bermain sepak bola dengan  baik, kita harus memahami terlebih dahulu teknik dasar permainan sepak bola. Dibawah ini adalah teknik dasar permainan sepak bola.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah
Menendang ( kicking ), yaitu teknik menendang dan menembak ke arah gawang lawan.
Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ), yaitu teknik menghentikamn bola.
Menggiring ( dribbling ), yaitu teknik mendekati kesasaran, mwngwcoh, dan  melawati lawan.
Menyundul ( heading ), yaitu teknik menerima umpan bola yang melayang di udara.
Merampas ( tacling ), yaitu teknik mengambil atau merebut bola dar lawan.
Lemparan Kedalam ( trow – in ) yaitu lemparan kedalam saat bola bpla mati.
Menjaga Gawang ( Goal Keeping ) yaitu teknik mempertahankan gawang.

Olahraga sepak boala yang pesertanya beregu dan dapat dikatakan sebagai olahraga masal yang dapat dimainkan oleh semua kalangan ini, tentunya sangat digemari oleh banyak orang, namun utuk menjadi seorang bintang tentunya memerlukan usaha dan latihan yang sangat keras.
Demikian penjelasan pengertian sepak bola dan teknik dasar permainan sepak bola semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan anda, sampai jumpa diartikel berikutya.
"Salam Olahraga".

0 komentar