Program Latihan Fisik Bola Tangan ( Guru Penjas)

Bola tangan adalah permainan beregu yang dimainkan oleh masing-masing regunya berjumlah 7 pemain inti dan salah satu diantara 7 pemain itu adalah sebagai penjaga gawang. Dalam permainan bola tangan tentunya memiliki beberapa teknik dasar, diantaranya adalah mengiring bola, mengumpan bola, menangkap bola, passing dan menyuting bola ke gawang. Selain itu bola tangan termasuk dalam permainan bola besar yang di mainkan dengan permainanya dan jumlah tertentu. 

Sejarah bola tangan Pada tahun 1926, Kongres Amatir Federasi Atletik Internasional menominasikan sebuah komite untuk menyusun aturan internasional untuk bola tanga (handball). The International Amateur Handball Federation (IAHF) dibentuk pada tahun 1928, dan International Handball Federation (IHF) dibentuk pada tahun 1946.

Permainan bola tangan pria dimainkan di Olimpiade Berlin tahun 1936. Selama beberapa dekade berikutnya, permainan bola tangan dalam ruangan berkembang dan berevolusi di negara-negara Skandinavia. Olahraga ini kembali muncul ke panggung dunia sebagai tim bolatangan untuk Olimpiade 1972 di Munich. Tim bola tangan perempuan ditambahkan pada Olimpiade 1976 di Montreal. Karena popularitasnya di kawasan itu, negara-negara Eropa Timur menyempurnakan acara menjadi kekuatan dominan dalam olahraga ketika diperkenalkan kembali.

The International Handball Federation menyelenggarakan kejuaraan dunia laki-laki pada tahun 1938 dan setiap empat (kadang-kadang tiga) tahun dari Perang Dunia II untuk tahun 1995. Sejak kejuaraan 1995 dunia di Islandia, kompetisi dilakukan setiap dua tahun. Kejuaraan dunia perempuan telah dimainkan sejak tahun 1957. IHF juga menyelenggarakan kejuaraan dunia perempuan dan junior laki-laki. Pada bulan Juli 2009, IHF mencatat 166 anggota federasi - sekitar 795.000 tim dan 19 juta pemain.

LATIHAN FISIK BOLA TANGAN

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi cara latihan bola tangan untuk mendaopatkan seorang peamain yang profesional. Namun perlu diketahui dalam melakukan latihan fisik bola tangan, tentunya harus memperhatikan pola makan dan istirahat yang cukup. Berikut ini adalan Program latihan yang dapat kalian lakukan:

Program Latihan Fisik Bola Tangan  ( Guru Penjas)

Program Latihan Mingguan

1 SENIN - Latihan kekuatan tangan
- Angkat Barbel
- Preacher Curl 
- Permainan setengah lapangan
- Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Mengasah teknik bola tangan

2. SELASA - Latihan kekuatan kaki
- Pemanasan
- Lari-lari kecil
- Ankat beban.
- Lari sprint
- Memperkenalkan cara bermain tim
- keseimbangan System set

3. RABU - Istirahat

4. KAMIS - Latihan pola khusus
- Mengasah taktik bola tangan
- Permainan pola khusus 
- Mengatur formasi tim
- Mengasah pasing
- Mengasang strategi aapermainan
- Mengasah taktik shothing
- keseimbangan System set

5. JUM'AT - Istirahat

6. SABTU - Iatihan Pernafasan
- pemanasan
- Lari-lari kecil
- Tahan Nafas dalam kolam selama 1 menit diulangi selama tiga kali
- Renang gaya dada bolak-balik sebanyak 5-10 kali.

7. MiNGGU - Pertandingan Persahabatan( Mental )

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, tentunya juga harus membutuhka latihan dan perjuangan yang sangat keras, yang perlu ditanamkan yaitu tingkat keinginan dalam melakukan latihan bola tangan tersebut, Demikian fisik latihan bola tangan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan anda. "Salam Olahraga"

0 komentar